Besok, BMW Umumkan Mobil Listrik Produksinya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 20 Februari 2011 17:31 WIB
Sketsa BMW Megacity (bmwblog.com)
TEMPO Interaktif, Muenchen - Langkah Bayerische Motoren Werke (BMW) untuk mengisi ceruk pasar mobil bertenaga listrik tinggal selangkah lagi. Bila sebelumnya produsen mobil mewah asal Bavaria, Jerman, ini hanya disebut-sebut tengah menggodok rancang bangun dan tekonologi mobil bertenaga setrum, kini telah bersiap meluncurkannya. 
Laman bmwblog.com, yang mengutip sumber di pabrikan itu, Sabtu (19/2) menyebut, Senin (21/2) besok BMW mengumumkan sub merek anyar  yang hingga kini disebut "Merek i". “Merek tersebut merupakan sub merek BMW untuk semua model yang bertenaga setrum (termasuk BMW Megacity),” tulis laman ini.
Sejumlah kalangan, sebut laman itu, memperkirakan model listrik pertama yang bakal diproduksi dibawah payung "proyek i" adalah BMW Megacity. Bahkan, BMW telah mematok target mobil itu telah mendebut Eropa pada 2013 mendatang.
Pekan pertama Februari, mengutip sumber di BMW, laman autoevolution.com menulis mobil listrik itu memakai sebutan "i". Bodi Megacity yang bertenaga setrum itu menggunakan bahan dari serat karbon dan sasis dari alumunium.
Pernyataan ini menguatkan apa yang dilontarkan Klaus Draeger, anggota Dewan Manajemen Pengembangan BMW, pada Juli 2010 lalu. Saat ini Draeger mengatakan, Megacity dibangun dengan konsep arsitektur LifeDrive, yaitu ringan, kuat, dan praktis.
Bahkan, bobotnya lebih ringan 250 – 350 kilogram ketimbang mobil listrik lainnya. "Megacity bisa dibilang menjadi mobil (listrik) revolusioner, ini akan menjadi mobil penumpang listrik pertama dengan seluruh bodi terbuat dari serat karbon," ujar dia.
Ihwal tenaga, sang sumber lain di BMW bercerita besarnnya tak berbeda jauh dengan tenaga yang ada di mobil konsep listrik ActiveE, yaitu 170 daya kuda dan torsi 250 Newton meter. 
Kini, BMW juga tengah  mematangkan proses pemasarannya. "Kami tengah menimbang-nimbang apakah dipasarkan secara konvensional ataukah dengan sistem sewa,” aku atau dalam bentuk sewa," ujar Robertson, Kepala Pemasaran BMW.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi