IIMS 2011 Gencarkan Tema Hijau
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Februari 2011 22:11 WIB
booth Toyota di IIMS 2010 (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pameran otomotif tak sekedar menampilkan mobil-mobil baru berteknologi terkini. Kesadaran untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan terus bergulir di antara para pelaku industri otomotif dunia, termasuk Indonesia. Sebagai bentuk dukungan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 akan mengusung tema "Sustainable Green Technology".
Pameran otomotif dunia seperti Detroit Auto Show, Geneve Motor Show, Tokyo Motor Show dan lain-lain, terus menampilkan mobil-mobil bertemakan ramah lingkungan baik yang sudah diproduksi maupun masih dalam versi kendaraan konsep. Pabrikan dunia berlomba-lomba menampilkan kendaraan baru yang sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan baik konsep hybrid, fuel cell, listrik, maupun teknologi ramah lingkungan lainnya.
IIMS, sebagai pameran yang menjadi tolak ukur industri otomotif dalam negeri, selain menghadirkan kendaran-kendaraan terkini dari Agen Pemegang Merek (APM) juga membawa misi memperkenalkan dan memberikan informasi bagi pengunjung  agar semakin menyadari dan turut berperanserta menjaga lingkungan.
"Kami sadar bahwa teknologi hijau telah menjadi keharusan dalam industri ini. Dengan teknologi hijau, industri otomotif berperan secara aktif mengurangi tingkat polusi," kata Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2011, dalam keterangan persnya.
Tahun 2010 lalu, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan otomotif Indonesia mencatat rekor baru setelah terjual sebanyak 764.710 unit. Angka ini diperkirakan akan kembali meningkat di tahun 2011. Beberapa ATPM berani menyebut angka 800 ribu unit. Dengan demikian dunia otomotif, termasuk Indonesia, memiliki tanggung jawab sejalan dengan terus meningkatnya angka penjualan.
"Dengan perkembangan teknologi bahan bakar alternatif, diharapkan mobil di masa depan akan berevolusi untuk menjadi lebih cepat, lebih hemat dan lebih bersih daripada teknologi kendaraan bermotor sebelumnya hingga pada akhirnya dapat dapat mengurangi dampak negatif yang di timbulkan bagi kelestarian bumi,"tambah Johnny.
Tahun ini IIMS akan kembali menampilkan sebuah event bertemakan otomototif berteknologi ramah lingkungan dengan dukungan peserta yang lebih lengkap. IIMS 2011 kali ini diikuti oleh 28 Agen Pemegang Merek (APM) anggota Gaikindo, lebih banyak dari peserta tahun lalu yang tercatat 22 peserta APM.
Berlangsung pada 22-31 Juli 2011 di Jakarta International Expo, diharapkan ajang ini akan terus mendorong perkembangan baru dalam industri otomotif yang semakin ramah lingkungan.
RAJU FEBRIAN
#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi