Jeep Grand Cherokee Terbaru Lebih Irit dan Bertenaga
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 Februari 2011 11:36 WIB
autonews.com

TEMPO Interaktif, Detroit - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Chrysler LLC Group, menegaskan varian Sport Utility Vehicle (SUV) Jeep Grand Cherokee model terbaru besutannya yang akan diluncurkan Maret mendatang memiliki tenaga yang lebih besar dan irit bahan bakar. Keiritan bahan bakar meningkat 17 persen dibanding generasi lawas, dan emisi CO2 berkurang 17 persen.

Seperti dilansir thegreencarwebsite.co.uk, Rabu (23/2), pabrikan itu menyebut, peningkatan kinerja itu berkat sejumlah perubahan. Blok mesin misalnya kini menggunakan bahan dari bahan alumunium dengan sudut 60 derajat. Begitu pun dengan kepala silinder mesin, serta dua buah tabung minyak bahan bakar. Walhasil bobotnya hanya 230 kilogram.

Tak cuma itu. Mekanisme proses pembakaran bahan bakar dan udara pun dibenahi. Sistem induksi termasuk kontrol swirl yang berada di antara sistem intake dan ruang pembakaran direvisi, sehingga mampu menyediakan porsi campuran udara dan bahan bakar yang ideal. 

Meski asupan bahan bakar juga meningkat menjadi 1.800 bar namun berkat  penggunaan sistem common-rail fuel injection dan teknologi  MultiJet II generasi anyar  tingkat konsumsi itu tetap terjaga keakuratannya.

"Sehingga mampu mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar  dan emisi CO2 hingga dua persen dibanding generasi sebelumnya," aku  pabrikan itu.

Melalui serangkaian perubahan tersebut, mesin 3.000 cc yang dikembangkan oleh MV Motori dan Fiat Powertrain itu diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 177 kW pada 4.000 rpm dan torsi 550 Newton meter.  "Tenaga itu 10 persen lebih besar ketimbang tenaga mesin generasi sebelumnya, dan torsi meningkat 8 persen," sebut pernyataan Chrysler LLC.

Ihwal tingkat konsumsi bahan bakar, pabrikan itu mengatakan hasil uji coba yang dilakukannya tingkat konsumsi bahan bakar di jalanan kota maupun di jalan bebas hambatan mencapai 28 mil per galon atau sekitar 12,4 kilometer per liter. Adapun tingkat emisi CO2 yang dihasilkan 218 gram per kilometer.

Rencananya, mobil ini diluncurkan di gelaran Geneva Auto Show yang mulai berlangsung 1- 13 Maret mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi