Daihatsu Terios dan Luxio, Berkualitas Terbaik di Kelasnya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Maret 2011 18:04 WIB
Penganugerahan IQS 2010 kepada Daihatsu Terios dan Daihatsu Luxio. (TEMPO/Arif Arianto)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Lembaga penelitian dan penyedia data otomotif asal Amerika Serikat, JD Power, melalui JD Power Asia Pasifik menganugerahi Sport Utility Vehicle (SUV) Daihatsu Terios dan Multi Purpose Vehicle (MPV) Daihatsu Luxio Initial Quality Study (IQS) 2010.

Terios mendapatkan nilai 76  dan Luxio mengantongi nilai 84. Angka itu terendah di antara mobil yang di survei, dan semakin rendah angka yang diperoleh berarti semakin sedikit permasalahan yang ada di kendaraan tersebut.

"Penilaian IQS mengukur 200 lebih gejala masalah yang mencakup delapan kategori," tutur Rajeev Nair, Manajer Senior JD Power Asia Pasifik, di sela penyerahan trofi IQS di Jakarta, Selasa (1/3).

Rajeev menyebut, semua permasalahan yang disampaikan responden dari 100 mobil di satu merek disimpulkan. 

"Pada IQS 2010 ini, di segmen entry SUV nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 78 dari skor 100. Sedangkan di segmen entry MPV nilai-nilai rata-rata 112 dari 100," ungkap dia.

Proses penilaian tersebut melibatkan 2.421 responden yang tersebar di beberapa kota besar di tanah air, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan lain-lain. Survei itu untuk mengetahui pengalaman dari para pemilik mobil dengan kendaraan mereka selama dua hingga enam bulan pertama saat mobil pertama kali diterima.

Ada 200 jenis permasalahan dalam delapan kategori yang dinilai. Kedelapan kategori itu adalah eksterior mobil, pengalaman berkendara, fitur, kontrol dan tampilan, audio, sistem hiburan dan navigasi, kursi, ventilasi dan (peranti) pendingin, interior mobil, serta mesin dan transmisi. 

"Untuk menjamin kualitas, semua produk Astra Daihatsu Motor (ADM) telah melewati proses quality control yang sangat ketat," ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM.

Bahkan, lanjut dia, sebelum kendaraan dikirim ke pembeli harus melewati satu tahapan akhir yaitu Pre Delivery Inspection (PDI). Bila hasil PDI menunjukkan bahwa produk tidak bermasalah, maka perusahaan memastikan produk layak untuk dikirim ke konsumen. Begitu pun sebaliknya.

Senada dengan Amelia, Pongky Prabowo, Direktur Manufaktur ADM, menyebut pihaknya juga menerapkan build in quality system. "Sistem tersebut menjamin kualitas dalam setiap proses produksi telah sesuai standar. Selanjutnya, dilakukan pengecekan terakhir sebelum kendaraan dikirim ke logistik," tandas dia.

Hasil Survei Initial Quality Studi 2010 JD Power Asia Pasifik                                di Indonesia         A. Segmen Entry SUVMerek                                 Skor1.Daihatsu Terios               762.Isuzu Phanter                   773.Toyota Rush                     80Rata-rata Entry SUV           78

B. Segmen Entry MPVMerek                                Skor1.Daihatsu Luxio                842.Suzuki APV                      1063.Daihatsu Xenia                110Rata-rata Entry MPV          112

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi