Toyota Siapkan Pesaing Honda Jazz Hybrid
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 Maret 2011 12:46 WIB
Bumper depan Toyota Yaris Hybrid (autoblog.com)
TEMPO Interaktif, Jenewa - Setelah Honda Motor Co, memasarkan hatchback Honda Jazz hybrid di Jepang pada awal Oktober 2010 lalu, kini Toyota Motor Corporation mulai berancang-ancang memasarkan hatchback Toyota Yaris berteknologi serupa. Maklum, keduanya bersaing ketat untuk menggenggam porsi pangsa pasar hatchback terbesar.
Seperti diwartakan caradvice.com.au, Rabu (2/3), Toyota akan memperkenalkan konsep Yaris hybrid di gelaran Geneva Auto Show 2011, pada Kamis (3/3) besok. “Satu keunggulan yang ditawarkan Toyota Yaris adalah sistem Hybrid Synergy Drive (HSD). Teknologi itu memungkinkan pengemudi berkendara hanya dengan menggunakan motor listrik secara penuh,” laman itu menulisnya.
Sementara laman paultan.com, menulis keunggulan lain mobil itu adalah atap yang dipasang panel surya. Perangkat tersebut menyerap energi panas matahari dan kemudian diubah menjadi sumber listrik untuk digunakan peranti pendingin ruangan dan perangkat hiburan di mobil. “Walhasil, konsumsi bahan bakar lebih hemat,”  sebut laman itu.
Rancang bangun bodi juga sangat mendukung upaya pengurangan konsumsi bahan bakar. Bodi yang berbentuk aerodinamis dengan kemiringan sudut vertikal yang lebih lancip akan mengurangi turbulensi udara  kala mobil melaju.  Sehingga beban yang ditahan mobil juga semakin kecil.
Hingga saat ini belum ada informasi ihwal mesin dan motor listrik yang diusung mobil itu. Namun, sejumlah kalangan memperkirakan mobil ini akan dibekali mesin 1.300 cc – 1.500 cc dan sebuah motor listrik.
Meski demikian, Toyota telah memberi bocoran Yaris hybrid  itu mulai dipasarkan pada paruh kedua 2012. Informasi lainnya yang telah beredar adalah penggunaan pelek berukuran 18 inci, bumper belakang  menggunakan diffuser , dan spoiler belakang  terintegrasi.
 
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi