Ford B-Max, Mobil Mungil dengan Fungsi Maksimal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Maret 2011 10:58 WIB
motorauthority.com

TEMPO Interaktif, Jenewa - Hajatan Geneva Auto Show 2011 yang berlangsung 1-13 Maret benar-benar dimanfaatkan Ford Motor Company (Ford) untuk unjuk keunggulan. Sejumlah produk anyar, baik yang sudah dalam versi produksi alias produk jadi hingga versi konsep disuguhkan Ford di gelaran itu.

Satu di antara produk itu adalah konsep mobil mungil  Ford B-Max. Mobil yang disebut-sebut sebagai mutasi dari Ford  Fiesta itu cukup banyak membetot  perhatian  pengunjung pameran tersebut. Maklum, selain tampil dengan desain apik, mobil ini juga menawarkan sederet keunggulan.

Seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Jumat (4/3), B-Max  memiliki fitur unik. "Fiturnya yang paling menarik  adalah konsep pilar  B pintu terintegrasi, yaitu pilar atau kerangka di bagian tengah mobil yang menghubungkan atap ke lantai dihilangkan," laman itu menulis.

Fitur semakin menarik karena Ford menggunakan dua jenis pintu, yaitu pada bagian depan menggunakan pintu konvensional yang dibuka ke arah keluar hingga sudut 90 derajat. Sedangkan di bagian belakang menggunakan pintu geser alis sliding door.

Walhasil, saat kedua pintu di buka, separuh badan mobil terbuka. Hal ini memberikan kemudahan akses bagi penumpang untuk keluar masuk mobil.

Kendati tak berpilar atau kerangka di tengah, namun Ford  menjamin aman. Pasalnya, baik pintu depan dan belakang diperkuat secara signifikan sehingga  kerangka keduanya mampu menyerap energi bila terjadi benturan saat ditutup.

Mobil  mungil ini dibekali mesin 1.000 cc tiga silinder dengan teknologi EcoBoost dan peranti Start-Stop. Seperti halnya model Ford yang bermesin 1.600 cc dan 2.000 cc empat silinder,  mobil ini juga menggunakan turbocharger  dan twin cam timing variabel independen sehingga emisi CO2 rendah  dan konsumsi bahan bakar irit.

Ford mengaku mobil ini menggunakan platform mobil B-Segmen, antara lain Ford Fiesta, yang telah dipasarkan secara global. Namun, dibanding Fiesta lebih panjang 11 milimeter.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi