VW Klaim Kuasai 11,4 Persen Pasar Mobil Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 10 Maret 2011 19:49 WIB
Martin Winterkorn. REUTERS/Christian Charisius
TEMPO Interaktif, Wolfsbrug - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen AG (VW), Kamis (10/3) mengumumkan hasil penjualan produknya -- termasuk beberapa merek dibawah payung perusahaan itu -- sepanjang tahun fiskal 2010 - 2011 yang berakhir Maret ini. Pabrikan itu mengklaim telah menggenggam 11,4 persen pangsa pasar global.

"Volkswagen berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di Cina. Di negara itu, penjualan kami tumbuh 37,4 persen menjadi 2 juta unit," tutur Martin Winterkorn, Kepala Eksekutif VW seperti dikutip thetruthaboutcars.com, Kamis (10/3).

Sebelumnya lembaga konsultan pemasaran dan penelitian industri otomotif global yang berpusat di Inggris, JATO Dynamics Ltd, menyebut sepanjang 2010 lalu VW menempati urutan kedua setelah Toyota di jajaran merek terlaris di dunia. Pabrikan itu membukukan penjualan 4,41 juta unit atau meningkat 10,9 persen dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 3,97 juta unit.

Winterkorn juga menyebut VW Group juga membukukan laba konsolidasi (laba dari penjualan seluruh merek) sebelum pajak US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 22,92 triliun (kurs US$1 - Rp 8.817). "Kami menargetkan pada 2018 nanti penjualan tahunan kami mencapai 10 juta unit," aku dia.

Pabrikan ini sebelumnya juga telah mengungkapkan obsesinya menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada 2018 nanti. VW sekaligus ingin melengserkan Toyota Motor Corporation dari singgasana produsen mobil terbesar sejagad.

Hanya, Rabu (9/3), dalam Visi Global Jangka Panjang Toyota (rencana bisnis 10 tahun) seperti yang dipaparkan oleh Presiden Toyota, Akio Toyoda, pabrikan itu mematok target penjualan tahunannya pada 2015 nanti sudah mencapai 10 juta unit. Dengan kata lain, target penjualan 10 juta unit ternyata telah dipancang Toyota tiga tahun lebih awal ketimbang VW.

ARIF ARIANTO 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi