Gempa Terjang Sendai, Toyota Hentikan Operasi Pabrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 11 Maret 2011 19:47 WIB
AP/David Zalubowski

TEMPO Interaktif, Tokyo:Gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) yang menerjang wilayah Sendai,Jepang bagian Timur, telah merusak pabrik mobil Toyota Motor Corporation di Miyagi. Selain itu, tiga perusahaan pemasok suku cadang Toyota juga mengalami hal yang sama.

"Pabrik Toyota di Miyagi. mengalami beberapa kerusakkan. Begitu pula jalan di dekat pabrik juga retak. Seluruh kegiatan di pabrik dihentikan terhitung mulai hari ini," tutur Misako Nagata, Jurubicara Toyota seperti dilansir automotiveworld.com dan automotivenews.com, Jumat (11/3).

Pabrik Toyota di perfektur Miyagi memiliki kapasitas pabrik 120 ribu unit per tahun. Pabrik tersebut memproduksi beberapa model Toyota seperti varian hatchback Toyota Yaris.

Adapun peruasahaan pemasok suku cadang ke Toyota yang dikabarkan mengalami kerusakkan adalah, Boshoku Corporation dan Denso Corporation. Beberapa orang dikabarkan mengalami luka-luka.

Selain Toyota, pabrikan lain yang menghentikan operasional pabriknya akibat bencana itu adalah Nissan dan Honda. Hingga kini belum ada keterangan resmi berapa kerugian yang diderita pabrikan tersebut.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi