Ford Fiesta dan Focus Kini Bertransmisi Kopling Ganda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 15 Maret 2011 17:10 WIB
Ford Focus (Dok. Ford)
TEMPO Interaktif, Detroit - Harga bahan bakar minyak yang terus merangkak naik dan cadangannya yang terus menipis telah membuat produsen mobil berlomba melakukan inovasi agar mobil besutannya irit bahan bakar. Satu diantara mereka adalah, Ford Motor Company (Ford).

Seperti diwartakan autoevolution.com, Selasa (15/3), pabrikan asal Detroit, Amerika Serikat, itu akan melengkapi generasi terbaru Ford Fiesta dan Ford Focus dengan peranti transmisi kopling kering ganda enam tingkat percepatan yang bekerja secara otomatis.

"Peranti ini juga dilengkapi fitur penunjang lain yang ramah lingkungan,walhasil penggunaan transmisi ini akan menjadikan konsumsi bahan bakar mencapai 5,8 liter per 100 kilometer," sebut pernyataan Ford seperti dikutip laman itu.

Transmisi ganda ini memiliki cara kerja yang unik. Peranti ini terdiri dari dua transmisi manual independen yang bekerja secara paralel. Perpindahan posisi gigi berlangsung secara cepat dan halus berkat bantuan sistem elektronis yang diprogram dalam komputer mobil.

Keunggulan lain yang ditawarkan peranti transmisi ini adalah, bobotnya yang jauh lebih ringan ketimbang peranti transmisi otomatis empat tingkat percepatan yang digunakan oleh Ford Focus generasi sebelumnya. "Transmisi baru ini merupakan lompatan besar teknologi dalam menghadapi persaingan," kata Piero Aversa, Manajer PowerShift Engineering Ford.

Dia menambahkan, penggunaan transmisi itu tak sekadar menjadikan mobil irit bahan bakar tetapi juga memberikan kenyamanan yang lebih dalam berkendara. Keunggulan itulah yang juga akan menjadi keunggulan Fiesta dan Focus terbaru.

Selain dilengkapi peranti transmisi terbaru, kedua mobil generasi baru itu juga bertambah fitur anyar. Beberapa fitur itu adalah torque hole fill, peranti ini berfungsi untuk membantu menghilangkan keraguan pengemudi saat akan berganti posisi gigi persneling.

Fitur lainnya, sensor hill start assist. Perangkat ini mendeteksi kondisi mobil saat melibas lintasan dengan kemiringan 5 derajat. Berkat perangkat ini mobil akan terhindar dari risiko melorot atau tergelincir.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi