Mazda Perpanjang Penutupan Pabrik Hingga 20 Maret  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 15 Maret 2011 20:47 WIB
Kendaraan yang hancur usai di hantam gelombang tsunami dan gempa bumi di Hitachinaka, prefecture Ibaraki, Jepang. AP/The Yomiuri Shimbun, Atsushi Taketazu
TEMPO Interaktif, Hiroshima -  Setelah Ahad(13/3) lalu menyatakan akan menutup operasional pabriknya yang berada di Hiroshima dan Hofu hingga Rabu (16/3), Mazda Motor Corporation, Selasa (15/3), mengumumkan akan memperpanjang penutupan pabrik hingga Ahad (20/3) mendatang.

Seperti dilansir autoevolution.com, Selasa (15/3), pernyataan pabrikan itu menyebut hingga saat ini tak seorang karyawannya yang menjadi korban gempa berskala 8,9 skala Ritcher yang memporakporandakan wilayah Jepang bagian utara dan timur. Begitu pun dengan kantor manajemen Mazda juga tidak mengalami kerusakkan maupun gangguan.

Kendati demikian, akibat pasokan suku cadang yang tidak terjamin pabrikan ini terpaksa menghentikan sementara proses produksi. Selain itu, perpanjangan penutupan tersebut dimaksudkan untuk memastikan keselamatan para karyawan dan keluarga serta serta perusahaan pemasok suku cadang di wilayah yang terkena dampak gempa dan tsunami.

Mazda juga menegaskan, pihaknya memberi donasi awal 30 juta yen atau sekitar Rp 3,3 miliar. Dana tersebut diberikan untuk upaya pemulihan wilayah yang terkena dampak benaca tersebut.

Pabrikan itu juga menyatakan, proses pengiriman produknya ke Eropa tidak terpengaruh oleh gempa dan tsunami. Pasalnya, jalur pengiriman produk tersebut melalui rute selatan di wilayah perairan Taiwan.

"Pasokan produk ke Eropa dijamin tepat waktu, bahkan dalam beberapa bulan mendatang," tulis pernyataan Mazda.

ARIF ARIANTO 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi