Mazda 3 Terbaru Mobil Paling Aman Versi IIHS 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Maret 2011 09:25 WIB
Mazda3 Sedan (Dok. Mazda)
TEMPO Interaktif, California - Mobil besutan Mazda Motor Corporation, yaitu Mazda 3 baik versi hatchback maupun sedan, meraih peringkat tertinggi atau bintang lima sebagai mobil paling aman dari Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat.  Keduanya mendapat nilai tinggi dalam serangkaian uji tabrak, baik tabrak dari depan, sampaing, belakang serta uji kekuatan atap saat mobil terguling.

 IIHS menyatakan dalam serangkaian uji tersebut pihaknya tidak menguji sembarang kendaraan. Mobil yang diuji wajib memiliki peranti penunjang keamanan berkendara, antara lain peranti Electronic Stability Control (ESC) guna mencegah mobil terguling.

“Evaluasi hasil uji setiap kendaraan didasarkan pada penilaian secara rinci terhadap setiap sudut dari (simulasi) tabrak serta dampak luka-luka yang ditimbulkan,” bunyi pernyataan IIHS dalam Theautochannel.com, Selasa (22/3) .

Sejak 2010 lalu, lembaga itu juga melengkapi materi uji dengan uji kekuatan atap. Uji tersebut dimaksudkan untuk menjamin perlindungan pengemudi dan penumpang saat mobil terguling.

“Penghargaan terhadapMazda 3 model terbaru baik hatchback maupun sedan ini merupakan satu bukti bahwa produk yang kami tawarkan tidak hanya mengedepankan aspek kenyamanan dan desain yang menarik semata. Tetapi produk kami juga terbukti aman,” papar  Jim O'Sullivan, Direktur dan Kepala Eksekutif  Mazda Amerika Utara.

Sedan Mazda 3 mengusung mesin 2.000 cc  yang mampu menyemburkan tenaga hingga 148 daya kuda dan torsi maksimum 135 lb ft.  Mazda  juga menawarkannya dengan mesin 2.500 cc empat silinder  yang bertenaga 167 daya kuda dan torsi 168 lb ft.

Selain ditawarkan tipe bertransmisi manual juga otomatis. Varian sedan itu dibanderol  mulai US$ 15.800 atau sekitar Rp 138,83 juta.

Mesin yang sama juga ditawarkan di varian hatchback. Varian ini dibanderol mulai US$20.045 atau sekitar Rp 176,13 juta.

Bahkan Mazda menawarkan tipe khusus, atau tipe tertinggi, yaitu  model lima pintu yang dilengkapi mesin 2.300 cc berperanti injeksi langsung dan turbocharger. Tipe ini mampu menyemburkan tenaga hingga 267 daya kuda dan torsi 280 lb ft.

Sejumlah fitur penunjang kenyamanan dan keamanan juga dipasang di Mazda 3, diantaranya enam buah airbag, Antilock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Dinamyc Stability Control, serta Traction Control.

Selain itu, penumpang dan pengemudi juga dilindungi sabuk pengaman dengan tiga titik pengait. Adapun penumpang usia bawah lima tahun disediakan jangkar sistem pengaman tempat duduk.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi