Honda Perpanjang Penutupan Pabrik di Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Maret 2011 16:49 WIB
Honda Logo
TEMPO Interaktif, Tokyo - Honda Motor Company (Honda), Selasa (22/3) menyatakan memperpanjang penghentian sementara operasional atau penutupan pabrik mobil dan sebuah pabrik sepeda motor di Jepang. Alasannya, karena pasokan komponen dari perusahaan rekanan yang seret serta pemadaman listrik bergilir akibat rusaknya pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima.

"Honda dalam pernyataannya (hari ini) menyebut, memperpanjang penghentian sementara operasional pabrik mobil di Saitama dan Suzuka, serta pabrik sepeda motor di Kumamoto," bunyi laporan kantor berita Associated Press, Selasa (22/3).

Perpanjangan penghentian operasional pabrik itu dilakukan hingga Ahad (27/3) mendatang. Namun, pabrikan ini akan melakukan evaluasi kembali terhadap sitausi dan kondisi yang bakal terjadi.

Sebelumnya, seperti dilansir nikkei.com, Sabtu (12/3) atau sehari setelah gempa berkekuatan 8,9 skala ritcher yang diikuti tsunami memporakporandakan wilayah timur laut Jepang, Honda menyatakan menutup sementara empat pabrik.

Keempatnya adalah pabrik yang berada di Tochigi, Saitama, Hamamatsu dan Suzuka. "Honda tetap mengoperasikan pabrik sepeda motor yang berada di Kumamoto, yaitu wilayah di Jepang bagian barat," nikkei menulis.

Produsen otomotif itu juga mengatakan pihaknya mengevaluasi kondisi dan mengambil keputusan tentang operasional pabrik pada Selasa (15/3). Namun, pada hari itu Honda memutusakn memperpanjang penghentian sementara operasional pabrik termasuk pabrik sepeda motor di Kumamoto, hingga hari Selasa (22/3) ini.

Lembaga keuangan dan investasi asal Amerika Serikat, Goldman Sachs, seperti dikutip Reuters, Rabu (16/3) memperkirakan Honda merugi hingga 2 miliar Yen atau sekitar Rp 222 miliar saban hari akibat penutupan pabriknya itu.

ARIF ARIANTO 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi