Honda Odyssey, Minivan Teraman 2011  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Maret 2011 21:39 WIB
Honda Odyssey (Dok. Honda)
TEMPO Interaktif, Detroit - Honda Odyssey mendapat pengakuan dari dua lembaga keselamatan terkemuka Amerika Serikat sebagai minivan paling aman di dunia. Kedua organisasi tersebut Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memberikan penilaian tertinggi bagi Odyssey.

Laman autoevolution.com, Selasa (22/3), menulis inilah kali pertama dan satu-satunya mobil model minivan mendapat penilaian terbaik dari dua lembaga tersebut. Kedua organisasi tersebut melakukan uji tabrakan pada Odyssey awal tahun ini. Namun Honda baru pekan ini dengan berani mengumumkan jika Odyssey adalah minivan terbaik dikelasnya dilihat dari sisi keselamatan.

Odyssey baru, yang diluncurkan tahun lalu, menjadi salah satu andalan Honda untuk pasar minivan Amerika. Di negeri Abang Sam, Odyssey dibangun di pabrik Manufakturing Honda Alabama (HMA). Honda menyebutkan sebagian besar Odyssey versi Amerika menggunakan suku cadang lokal.

Untuk pasar Amerika, Honda Odyssey diperkuat mesin 3.5 Liter i-VTEC V6 yang menghasilkan tenaga 248 hp. Fitur menarik di mobil dengan tiga baris bangku ini antara lain layar monitor berukuran 16.2 inci.

Di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek Honda di Indonesia menawarkan satu varian Odyssey dengan mesin 2,4 Liter.

Mesin inline 4 cylinder 16 valve DOHC i-VTEC, Drive by Wire, Torque Boost Resonator menghasilkan tenaga 180 ps pada 6.500 rpm dan torsi 22.2 kgm pada 4.500 rpm. Model ini dibanderol HPM seharga Rp 545,5 juta.

RAJU FEBRIAN 

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi