ZF Rayakan Produksi ke-3 juta Transmisi untuk BMW
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 Maret 2011 01:07 WIB
Perayaan transmisi ke-3 juta BMW di pabrik ZF, Brandenburg, Jerman. (autoevolution.com)
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Perusaahn transmisi ZF di Brandenburg, yang terletak di sungai Havel, Jerman, merayakan produksi ke-3 juta mereka untuk mobil penumpang BMW. ZF memproduksi transmisi manual 6 percepatan milik BMW, transmisi kopling ganda 7 percepatan untuk Porsche.

Sebagaimana ditulis laman autoevolution.com, perusahaan ini memulai produksinya sekitar 13 tahun laly pada 1998 dengan transmisi manual 5 percepatan. Pada tahun 2010, ZF juga mulai memproduksi transmisi dengan 6 percepatan. Unit generasi kedua ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar karena efisiensi yang lebih tinggi plus pelumas baru yang dikembangkan dengan teknologi injeksi.

Transmisi ini bisa dikombinasikan dengan fitur start-stop milik BMW. Sistem internal shift baru dan synchronizers karbon menjadi salah satu kontribusi mereka terhadap keberhasilan penjualan kendaraan produsen mobil asal Jerman tersebut.

Sejak 2008, ZF telah memproduksi teknologi lain di Brandenburg yaitu transmisi kopling ganda 7-speed (7DT) untuk brand Porsche. Transmisi ini digunakan untuk aplikasi sportif kendaraan milik Porsche. Unit kopling ganda ini memiliki dua sub-transmisi yang berhubungan dengan mesin melalui dua kopling powershift paralel.

Dengan demikian, 7DT bisa melakukan perubahan gigi tanpa gangguan torsi yang berfungsi sebagai teknis dasar. Hasilnya, akselerasi lebih baik tetapi pada saat yang sama juga menjaga konsumsi bahan bakar pada tingkat rendah.

Berkat desain modular yang fleksibel, 7DT dapat disesuaikan dengan kebutuhan mobil Porsche yang sangat sportif. Sejauh ini Porsche menggunakan model transmisi tujuh percepatan ini pada empat model mereka yaitu 911, Boxster, Cayman, dan Panamera.

RAJU FEBRIAN

 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi