Pabrik Kembali Ditutup, Toyota Gagal Produksi 140 Ribu Mobil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 Maret 2011 12:29 WIB
TEMPO/Nita Dian
TEMPO Interaktif, Tokyo - Toyota Motor Corporation (Toyota) Rabu (23/3) menyatakan kembali memperpanjang penutupan sementara 12 pabrik perakitan mobil di Jepang  hingga Sabtu (26/3) mendatang. Pabrikan ini mengaku, selama perpanjangan penutupan pabrik tersebut sebanyak 140 ribu unit mobil gagal diproduksi.
Juru bicara Toyota mengatakan, penundaan itu dikarenakan kiriman komponen dan suku cadang dari perusahaan pemasok juga seret.  Sebagian besar perusahaan pembuat suku cadang menghentikan operasinya akibat gempa dan tsunami yang memorakporandakan wilayah timur laut Jepang, 11 Maret lalu.
Toyota mulai menghentikan sementara operasional 12 pabriknya pada Senin (14/3) lalu atau tiga hari setelah gempa dan tsunami memorakporandakan wilayah timur laut Jepang. Produsen mobil terbesar di dunia itu melakukan evaluasi kondisi pabrik pada Kamis (17/3) dan memutuskan untuk memperpanjang penutupan tersebut.
Akibat penutupan pabrik itu, Toyota mengaku telah kehilangan 40 ribu unit mobil per hari.
Bahkan, lembaga keuangan dan investasi asal Amerika Serikat, Goldman Sachs memperkirakan tingkat kerugian Toyota akibat penutupan pabrik itu mencapai 6 miliar yen atau sekitar Rp 666 miliar per hari.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi