Vettel Tak Takut dengan Peraturan Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 24 Maret 2011 13:35 WIB
Sebastian Vettel. REUTERS/Mick Tsikas

TEMPO Interaktif, Melbourne - Sebastian Vettel mengatakan dia dan Red Bull tidak takut dengan sejumlah peraturan baru yang diberlakukan musim balapan tahun ini. Penggunaan ban Pirelli, kembali diterapkannya sistem KERS dan pemakaian sayap belakang bergerak merupakan tiga aturan baru yang telah memunculkan kekhawatiran besar.

Juara dunia Formula 1 musim lalu itu mengaku sudah sangat siap menyongsong pembukaan ajang balapan akhir pekan ini di Grand Prix Australia meskipun diprediksi akan jauh lebih sulit dibanding musim lalu terkait penerapan regulasi baru itu.

Berbagai kalangan penting di F1 bahkan enggan untuk membuat prediksi yang berani soal pembalap dan tim mana yang lebih unggul, tidak seperti musim lalu yang lebih mudah untuk ditebak. Tetapi Vettel mengatakan Red Bull memiliki berbagai alasan untuk merasa yakin bisa menjadi juara di Albert Park nanti setelah berulang kali melakukan persiapan yang terbaik.

"Ada ketidakpastian mungkin untuk mengetahui posisi kita dengan pembalap yang lain di lintasan nanti," kata Vettel, Rabu (23/3) ketika ditanya tentang kesulitan dalam menerapkan aturan baru.

Vettel mengakui memang tak mudah untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan peraturan baru itu. Selain dari masalah beban bahan bakar yang tanpa sarana pengisian ulang sampai pada soal ban yang bisa membuang waktu beberapa detik bagi setiap pembalap. Itu semua tidak terjadi pada musim lalu.

"Itu berarti semua bisa campur aduk, dan itulah yang kita lihat dalam tes lalu, dan hal itu jugalah yang membuat mengapa menjadi begitu sulit untuk mengetahui seberapa kuat pembalap yang lain," kata Vettel.

"Tapi ketidakpastian dalam diri kita sendiri? Tidak perlu takut itu, karena saya pikir kita tahu apa yang telah kita lakukan dan kita harus dalam kondisi yang baik sekarang," Vettel melanjutkan. "Hanya pertanyaan yang harus dijawab tentang bagaimana kita membandingkan dengan yang lain."

Vettel menyatakan bertekad mempertahankan mahkota juaranya dan akan berjuang keras untuk bisa berada di tempat pertama dalam ajang di Melbourne. "Saya pikir kita semua tahu bahwa kita mulai dari nol lagi," kata pembalap Jerman ini. "Saya tahu bahwa saya memiliki nol poin juga sekarang, seperti halnya pembalap lain."

Vettel berbicara di depan publik Australia untuk yang pertama kali sejak ia menyandang predikat juara dunia di sebuah acara promosi di peternakan sapi di luar Kota Melbourne pada Rabu.

AUTOSPORT | BASUKI RAHMAT

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi