TAM Ikut Kampanyekan Earth Hour
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 25 Maret 2011 19:55 WIB
Toyota Logo (REUTERS/Mark Blinch)
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) tak ketinggalan ikut berpartisipasi dalam peringatan Earth Hour yang jatuh Sabtu (26/3) besok. TAM akan melakukan pemadaman listrik di 212 jaringan pemasarannya di seluruh Indonesia, termasuk kantor pusat Jakarta dan pusat suku cadang di Cibitung, Jawa Barat, selama satu jam mulai pukul 20.30 sampai 21.30 WIB.

Dalam keterangan persnya, TAM mengatakan langkah ini untuk membantu kampanye global penghematan energi listrik di tanah air yang diprakarsai organisasi konservasi terbesar di dunia World Wide Fund (WWF) yang dimulai sejak 2007 tersebut.

"Meski dampaknya tidak terlalu besar bagi efisiensi perusahaan, kami melihat upaya pemadaman listrik selama satu jam ini sangat penting. Kampanye ini mengingatkan kita semua untuk hemat menggunakan sumber energi, termasuk listrik dalam rangka mengatasi perubahan iklim," kata Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM.

Joko mengatakan upaya penghematan energi telah lama diterapkan pada keluarga besar Toyota di Indonesia. Setiap karyawan TAM diwajibkan memadamkan lampu ruangan dan mematikan peralatan listrik lainnya pada saat istirahat dan usainya jam kerja operasional. Langkah yang sama juga dilakukan dalam kegiatan produksi.

"Aktifitas penghematan energi harus dimulai dari hal yang kecil, dan lebih jauh lagi diharapkan dapat juga menjadi kebiasaan kedepannya. "Penataan cahaya menjadi salah satu faktor prioritas dalam disain gedung perkantoran, gudang dan pabrik Toyota. Pencahayaan dari lampu listrik diupayakan seminimal mungkin. Ini adalah bagian dari implementasi filosofi Toyota, Respect to The Earth," katanya.

RAJU FEBRIAN

 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi