Pertarungan Lima Jawara Formula Satu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 Maret 2011 10:13 WIB
Sebastian Vettel. AP/Rob Griffith
TEMPO Interaktif, Melbourne - Balapan Formula 1 pada 2011 bakal dibuka di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, 27 Maret ini. Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim kembali adu strategi dan kekuatan jet darat dalam total 19 balapan untuk menjadi nomor satu musim ini.

Tahun ini persaingan dipastikan akan lebih sengit dan penuh kejutan dengan kehadiran lima mantan juara dunia. Yang menarik, bertarungnya lima bekas juara pada musim ini tersebut adalah yang pertama sejak 41 tahun terakhir. 

Kelima pembalap jet darat pemegang 12 gelar jawara sejagat itu adalah Sebastian Vettel, Michael Schumacher, Fernando Alonso, Lewis Hamilton, dan Jenson Button. Bakal lebih ketatnya persaingan diakui juara dunia Formula 1 tahun lalu, Sebastian Vettel.

Pembalap asal Jerman yang menjadi juara dunia termuda itu mengatakan persaingan bakal terasa lebih panjang, keras, dan sulit pada musim ini. Ia harus berjuang lebih keras untuk bisa mempertahankan gelar yang diraihnya bersama Red Bull.

Meski publik sudah menjagokan Vettel dan Red Bull sebagai favorit juara musim ini, Vettel tidak mau takabur. Baginya, tidak seorang pun bakal tahu siapa yang akan menjadi juara sebelum tampil di Australia. "Persaingannya sangat sulit sejak awal musim. Saya tidak memiliki keunggulan dengan memiliki mobil nomor satu," kata Vettel baru-baru ini.

Ia mencoba memberi gambaran jika ingin menjadi nomor wahid tahun ini. Reliabilitas atau daya tahan adalah kuncinya. Artinya, percuma memiliki mobil yang satu detik lebih cepat dibanding yang lain tapi tidak bisa finis karena daya tahannya jeblok. 

Anggapan ketatnya untuk jadi yang terbaik musim ini juga dibenarkan Presiden Federasi Automobil Internasional (FIA) Jean Todt. Di mata Todt, musim ini sangat menarik dan menjanjikan karena ada lima juara dunia berada di grid Grand Prix Australia (grand prix pertama tahun ini). "Ini adalah kejadian yang pertama sejak 1970," ujar Todt, menyongsong pembukaan F1.

Selain diramaikan lima mantan jawara, musim ini disemarakkan oleh kehadiran empat pembalap pendatang baru, yaitu Jerome D'Ambrosio, Pastor Maldonado, Sergio Perez, dan Paul di Resta. Bukan mustahil pembalap debutan nanti mampu memberi perlawanan terhadap senior-seniornya.

Musim ini juga bakal menjanjikan kejutan berdasarkan hasil laga uji coba kendaraan pada pramusim. Plus dan minus yang dirasakan tiap pembalap dan tim akan memperlihatkan betapa penuh dinamikanya peta kekuatan musim ini.

Sebagian pembalap tahun ini menggunakan tunggangan anyar. Seperti Vettel, yang mengaku sudah puas atas RB7-nya sebagai andalan baru "Banteng Merah". Sebaliknya, McLaren-Mercedes dengan mobil barunya, MP4-26, justru belum mampu menunjukkan performa yang prima pada tiga sesi uji coba pramusim untuk bisa bersaing dengan konstruktor lainnya. 

Jenson Button sangat tak puas atas tunggangannya itu. Bahkan ia mengaku akan terkejut jika mobilnya nanti bisa menyamai kecepatan Red Bull dan Ferrari di sesi perdana Melbourne nanti. Kekhawatiran akan MP4-26 dipertegas kubu McLaren, Martin Brundle. Bekas pembalap McLaren itu menyebutkan MP4-26 tidak mau berakselerasi sehingga menjadi kacau. 

Boleh saja Red Bull dan Ferrari diunggulkan menjadi juara tahun ini, tapi jangan sepelekan Mercedes GP Petronas. Performa Mercedes GP di uji coba resmi terakhir terlihat menjanjikan. Dua penunggangnya, Nico Rosberg dan Michael Schumacher, diprediksi bakal menebar kejutan besar. "Saya yakin kami kompetitif untuk meraih podium," ujar Schumi optimistis. "Di mana Vettel sekarang? Saya akan menghadapinya," kata Rosberg, tak gentar menantang Vettel.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan di setiap tim, tak ayal strategi menjadi faktor utama untuk bisa unggul sambil dibarengi dengan kemampuan untuk terus memperbaiki mobil selama berjalannya musim. 

Satu dari kelima mantan juara dunia, Fernando Alonso, menganalisis bahwa timnya, Ferrari, mesti bekerja keras menghadapi empat tim papan atas, selain ada satu debutan yang diprediksi bakal menjadi tim kuda hitam, yaitu Toro Rosso. "Keempat tim itu adalah juara bertahan Red Bull, McLaren, Mercedes GP, dan Renault." 

BASUKI RAHMAT | BERBAGAI SUMBER

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi