Fiat Segera Produksi Generasi Terbaru Fiat Panda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 29 Maret 2011 21:54 WIB
Fiat Panda. foto: autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Milan - Produsen mobil asal Italia, Fiat SpA, akan memproduksi mobil kota Fiat Panda pada November mendatang. Bahkan, pabrikan itu akan memamerkan mobil mungil itu di gelaran Frankfurt Motor Show 2011 yang berlangsung pertengahan September atau dua bulan sebelum diproduksi.

“Kami telah menyiapkan jalur produksi di pabrik Pomigliano (Italia) untuk proses produksi November,” aku Stefan Ketter, Kepala Manufaktur Grup Fiat seperti dikutip carandsuv.co.nz, Selasa (29/3).

Hanya, Ketter tak menjelaskan rincian spesifikasi generasi terbaru Fiat Panda itu. Begitu pula dengan mesin yang bakal diusung mobil mungil tersebut.

Fiat tercatat meluncurkan Panda terakhir kali pada Juli 2010 lalu yaitu Fiat Panda edisi khusus, dalam rangka memperingati 30 tahun mobil kecil itu diproduksi. Fiat Panda tersebut dibekali platform Fiat Panda Active 1.100 cc.

Fiat mengklaim mesin 1.100 cc itu menghasilkan tenaga 54 daya kuda pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 88 Newton meter. Akselerasi kecepatan 0 – 100 kilometer per jam (kpj) dicapai dalam tempo 15 detik. Bahkan, mobil yang merupakan cikal bakal Fiat 500 itu mampu melesat hingga 150 kpj.

Menariknya, kendati bertenaga gahar dan berkecepatan tinggi, Panda tak boros bahan bakar. Hasil uji internal Fiat menyebut mobil ini hanya mengkonsumsi 5,7 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 kilometer (km).ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi