Ford Akan Luncurkan Delapan Mobil Baru di Asean
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 30 Maret 2011 10:44 WIB
AP/Carlos Osorio
TEMPO Interaktif, Bangkok - Ford Motor Company (Ford) mengaku akan menggenjot penjualannya di wilayah Asia Tenggara (Asean) dalam lima tahun mendatang. Pabrikan asal Amerika Serikat itu menyiapkan delapan mobil model baru dalam rentang waktu tersebut.
 
“Kami sangat serius untuk memacu pertumbuhan (penjualan) di wilayah (Asean) ini,” tutur Peter Fleet, Presiden Ford untuk wilayah Asean kepada Reuters, Rabu (30/3).
 
Selama ini, kata Fleet, pihaknya hanya mampu merebut 2 persen pasar di kawasan tersebut. Pasalnya, Ford hanya memproduksi model dalam jumlah terbatas di kawasan Asean yang memberlakukan perdagangan bebas.
 
Kendati demikian, di 2011 ini Ford mencatatkan prestasi penjualan yang cukup gemilang di kawasan Asean. Sepanjang dua bulan terakhir, penjualan Ford melonjak 175 persen berkat laris manisnya varian hatchback Ford Fiesta.
 
Fleet mengaku akan memaksimalkan kapasitas produksi pabriknya di Thailand guna menggenjot penjualan di Asia Tenggara. Ford juga menjadikan Negeri Gajah Putih itu sebagai pusat produksi mobil Ford untuk kawasan Asean, termasuk delapan model anyar yang bakal digelontorkan ke pasar dalam lima tahun ke depan.
 
Hanya, Fleet tidak menyebutkan secara rinci jenis delapan model baru itu. Sepekan yang lalu, Rabu Rabu (23/3), Fleet juga sempat menyinggung rencana peluncuran delapan mobil baru tersebut.
 
Porsi penjualan Ford di Thailand saat ini masih terpaut jauh dengan pabrikan lain. Toyota misalnya, di negara itu menggenggam 40,7 persen pangsa pasar, Isuzu 19,1 persen, Honda 14,3 persen, dan Nissan 6,8 persen.
 
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi