Skutik Honda BeAT Terlaris di Jakarta dan Tangerang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 4 April 2011 16:34 WIB
.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Varian skuter matik Honda BeAT tercatat sebagai model terlaris Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang sepanjang kuartal pertama (Januari – Maret) 2011. Skutik ini terjual 26.142 unit, atau meningkat 29 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Edi Setiawan, General Manager Pemasaran PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku dealer utama Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang menyebut, ada sejumlah keunggulan BeAT yang dirasakan sesuai oleh konsumen yang umumnya usia muda.

Selain tampilan yang sesuai dengan segmen tersebut, BeAT juga memiliki dimensi ukuran yang sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. “Sehingga, lincah diajak bermanuver dan tampilan pengendaranya pun lebih pas, sehingga tampil lebih modis,” terang Edi dalam keterangan pers, di Jakarta, Senin (4/4).

Keunggulan lain yang dimiliki skutik bermesin 110 cc empat langkah, itu adalah konsumsi bakarnya yang irit.

Data WMS menunjukkan, sepanjang tiga bulan pertama 2011 ini, Honda di Jakarta dan Tangerang terjual 89.199 unit. Jumlah itu meningkat 9,6 persen dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar 81.382 unit.

Menariknya, dari jumlah itu 57 persen di antaranya atau 50.948 unit merupakan varian skutik. “Segmen skutik terus mengalami pertumbuhan cukup signifikan di tanah air, dan Honda masih memimpin segmen ini,” aku Edi Setiawan.

Ucapan bukanlah tanpa dasar. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan sepanjang Januari – Februari lalu penjualan skutik telah mencapai 627.179 unit atau 49 persen dari total penjualan motor di tanah air. Pada saat bersamaan, varian bebek terjual 547.664 unit atau 42,8 persen dari total penjualan.

Begitu pun dengan klaim Honda sebagai penguasa baru di segmen skutik. Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor juga menyebut hal yang sama. Menurutnya,sepanjang Januari – Februari lalu Honda berhasil menjual 328.978 unit skutik.

“Angka itu setara dengan 52,45 persen dari total penjualan motor di tanah air,” kata dia.

Catatan WMS juga menunjukkan,varian Honda lainnya lain yang juga laris di wilayah Jakarta dan Tangerang adalah Honda Revo dan Supra X. Masing-masing terjual 14.333 unit dan 13.379 unit.

“Yang pasti, data pencetakan STNK untuk sepeda motor di Jakarta Honda tercatat 48,5 persen, dan di Tangerang 48,1 persen,” aku Edi Setiawan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi