Bikin Komponen Mobil, Ford Terinspirasi Cokelat Batangan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 April 2011 10:36 WIB
Mesin Ford. thegreencarwebsite.co.uk

TEMPO Interaktif, Detroit - Mobil irit bahan bakar adalah sebuah tuntutan konsumen saat ini. Lantaran itulah, produsen mobil kini berlomba menciptakan mobil seperti yang diharapkan konsumen. Caranya beragam. Mulai dari penggunaan mesin kecil dan ringan dengan teknologi canggih, hingga memangkas bobot mobil.

Satu di antara produsen yang menempuh cara itu adalah Ford Motor Company. Pabrikan asal Amerika Serikat itu, selain memperkenalkan mesin kecil berteknologi Ecoboost juga memangkas bobot mobil dengan penggunaan material yang super ringan.

“Ford telah menggunakan plastik  super ringan untuk bagian-bagian tertentu di mobil produknya. Sehingga cukup signifikan mengurangi bobot dan konsumsi bahan bakar,” papar sumber di Ford seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Selasa (5/4).

Menariknya – entah Anda percaya atau tidak – Ford berhasil menciptakan material khusus itu karena terinspirasi oleh sebatang cokelat. “Para insinyur Ford menggunakan teknologi MuCell untuk memproduksi komponen plastik setelah mendapat ilham dari sebatang coklat,” laman itu menulisnya.

Para cerdik pandai yang juga karyawan Ford itu menyuntikkan gelembung gas pada bahan plastik di saat pengepresan dilakukan. Gelembung itu menghasilkan rongga diantara molekul plastik. 

Hasilnya, sungguh menakjubkan. Palstik tersebut sangat ringan namun kuat.  "Pertama kali saya melihatnya di bawah mikroskop, saya berpikir itu sebuah batang coklat Aero,” aku Carsten Starke, ahli MuCell Ford.

Menurut Starke, komponen dari plastik itu bobotnya 20 persen lebih ringan ketimbang plastik konvensional. Tak cuma itu. Proses pencetakan komponen mobil dari bahan plastik juga lebih cepat 33 persen ketimbang dari bahan yang sama dengan konstruksi lain.

Walhasil, selain bobot mobil yang lebih ringan dan konsumsi bahan bakar lebih irit ongkos produksi komponen juga bisa dihemat. Terlebih Ford juga berkomitmen untuk memangkas bobot mobil kecil hingga 100 kilogram (kg) dan mobil besar 300 kg pada 2020 mendatang.

Komponen dari bahan plastik dengan konstruksi model batang cokelat itu akan digunakan di sejumlah model anyar Ford. Model itu, di antaranya Focus, C-MAX dan Grand C-MAX, S-MAX, Mondeo, dan Galaxy.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi