Tiga Bulan Penjualan Motor di Tanah Air Hampir 2 Juta Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 7 April 2011 15:32 WIB
Ribuan pemudik yang menggunakan sepeda motor terjebak macet di daerah Karawang, Jawa Barat (7/9). REUTERS/Crack Palinggi
TEMPO Interaktif, Jakarta - Penjualan sepeda motor di tanah air dalam kurun waktu tiga bulan (Januari – Maret) mencapai 1.994.245 unit. Sepanjang waktu itu pula, Honda tercatat sebagai merek terlaris disusul Yamaha.

Data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh dari salah satu Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) motor di tanah air, Kamis (7/4), menyebut Honda membukukan penjualan 338.582 unit, atau sebesar 49,69 persen.

“Penjualan Yamaha terpaut hampir 20 ribuan dengan Honda, dia mencatatkan penjualan 319.686 unit,” tutur seorang sumber di ATPM itu.

Jumlah penjualan Yamaha itu setara dengan 42,18 persen pangsa pasar motor di tanah air dalam tiga bulan pertama tahun ini. Pada urutan selanjutnya terdapat Suzuki yang mencatatkan penjualan 44.618 unit atau sekitar 6,65 persen.

Kawasaki yang selama ini dikenal sebagai merek yang identik dengan motor sport berada di urutan keempat. Merek ini tercatat melego 8.433 unit atau 1,24 persen.

“Sedangkan TVS dan Kanzen, masing-masing berada di urutan lima dan enam dengan penjualan 2.293 dan 60 unit,” terang sumber yang tidak bersedia disebut namanya itu.

Pengamat otomotif Suhari Sargo memperkirakan angka penjualan sepeda motor di tanah air pada bulan-bulan mendatang akan terus bertumbuh. Menurutnya, isu pembatasan premium, kenaikan harga bahan bakar minyak, serta semrawutnya lalu lintas menjadi pendorong pembelian kendaraan roda dua tersebut.

“Saat ini ekonomi juga bertumbuh di kisaran 5,5 – 6 persen. Angka inflasi terkendali di single digit, sehingga bunga kredit juga rendah,” ungkap dia saat dihubungi.

Terlebih, kata Suhari, sepeda motor juga memiliki keunggulan dibanding kendaraan roda empat pribadi maupun kendaraan angkutan umum. Ongkos operasional bersepeda motor lebih murah. “Selain itu, kendaraan ini juga fleksibel di semua karakter jalan dan efisien waktu,” terang dia.

Ia memperkirakan kenaikan penjualan tahun ini akan mencapai 10 persen dibanding tahun lalu. Sehingga mencapai 8,4 juta unit.

Pendapat Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum AISI, setali tiga uang. “Kondisi ekonomi dan sosial saat ini sangat memungkinkan penjualan mencapai 8,3 – 8,4 juta unit pada tahun ini,” aku dia.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi