Bahan Bakar Ford Focus ECOnetic 1 Liter untuk 29,8 Kilometer
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 8 April 2011 12:55 WIB
autoblog.com
TEMPO Interaktif, Detroit - Ford Motor Company (Ford), pekan depan, meluncurkan Ford Focus versi ECOnetic di New York Auto Show 2011. Berkat teknologi itu, mobil ini diklaim irit konsumsi bahan bakar.

Seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Jumat (8/4), produsen mobil asal Amerika Serikat itu mengklaim tingkat konsumsi bahan bakar mobil itu 67 mil per galon atau sekitar 29,8 kilometer per liter. “Tingkat emisi CO2 juga rendah, tidak lebih dari 95 gram per kilometer,” bunyi pernyataan Ford.

Ford ECOnetic mengusung mesin disel 1.600 cc TDCi Duratorq. Ford melengkapinya dengan sejumlah fitur yang menjadikan mobil itu irit bahan bakar.

Peranti auto start-stop misalnya, membantu pengemudi mematikan mesin saat mobil berhenti sejenak di depan lampu isyarat lalu lintas atau terjebak kemacetan. 

Perangkat itu mengaktifkan kembali mesin, begitu pengemudi kembali menginjak pedal gas. Walhasil, asupan bahan bakar ke ruang bakar bisa dihemat.

Fitur lainnya adalah Smart Regenerative Charging yang mendaur ulang tenaga yang terbuang menjadi tenaga baru bagi mesin. 

Selain itu Ford memasang peranti Ford Eco Mode di mobil tersebut. Peranti ini memungkinkan pengemudi berkendara dengan gaya yang irit bahan bakar. 

Ford juga melengkapi nya dengan Shift Indicator Light. Indikator itu akan memberi memberi informasi pengemudi tentang kondisi bahan bakar, sehingga mereka bisa menyesuaikan gaya berkendaranya agar irit bahan bakar.

Rencananya, mobil ini diproduksi dalam bentuk hatchback lima pintu dan wagon. Ford akan memasarkannya pada 2012. Hanya hingga kini belum ada informasi ihwal harga.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi