Pernikahan Pangeran Albert II Gunakan Lexus LS600h
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 10 April 2011 16:20 WIB
Lexus LS 600h yang akan digunakan pada pernikahan Pangeran Albert II dari Monaco (Dok. Lexus)

TEMPO Interaktif, Monaco - Pangeran Albert II dari Monako ternyata orang yang benar-benar perduli akan lingkungan. Pewaris tahta negara mewah di pinggiran laut Mediterania itu akan menggunakan Lexus LS 600 hybrid sebagai kendaraan yang akan ia tumpangi saat melakukan pernikahannya dengan Charlene Wittstock pada 2 Juli 2011 mendatang.

Laman autoevolution.com menulis, Lexus LS 600h ini merupakan edisi khusus yang disiapkan untuk upacara ini. Berbagai fasilitas khusus disematkan pada mobil ini termasuk plat nomor "MC 01".

Mobil bermesin 5 liter V8 dengan aluminum block and head, direct and port fuel injection plus electric-drive motor. Mobil ini memiliki tenaga maksimal 438 hp, dan mampu melesat 0-100 km/jam dalam 5.5 detik saja.

Pangeran Albert, 53 tahun, memang dikenal sebagai sosok yang sangat perhatian untuk urusan lingkungan. Ia misalnya mendirikan Prince Albert II of Monaco Foundation di tahun 2006 yang mendukung lebih dari 150 proyek pemantauan evolusi lingkungan dan melindungi spesies yang terancam oleh perubahan iklim.

"Yang mulia juga menyediakan bantuan dalam pengelolaan air dalam mengembangkan daerah. Kami sangat senang bisa dipercaya dalam upacara agung ini," kata Lexus seperti dikutip laman autoevolution.com.

Monaco memang cukup serius dalam teknologi hijau. Lexus menjadi pemasok resmi kendaraan kerajaan Monaco. Beberapa waktu lalu mereka juga menguji coba mobil listrik milik Mitsubishi, i-MiEV.

Tapi bukan hanya Monaco yang akan melangsungkan pernikahan kerajaan tahun ini. Inggris juga akan merayakan perkawinan Pangeran William dengan Kate Middleton pada 29 April mendatang.

Jika Pangeran ALbert II memilik Lexus, pasangan Inggris akan menggunakan mobil Rolls Royce Royal Phantom IV produksi 1950. Kerajaan Inggris juga menyiapkan Glass Coach, sebuah kereta istana produksi 1881 yang biasa digunakan pasangan pengantin kerajaan.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi