Soal Mobil, Qadhafi Tak Kalah dengan James Bond  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 11 April 2011 15:01 WIB
El jamahiriya saroukh. ccarshow.net
TEMPO Interaktif, Tripoli - Sebagai seorang tokoh yang penuh kontroversial, pemimpin Libya Kolonel Muammar Qadhafi, sangat menyadari di mana pun dan kapan pun mara bahaya selalu mengintainya. Lawan-lawan politik dan para penentangnya setiap saat mengincar nyawanya.

Lantaran itulah, selain gemar tinggal di tenda, Qadhafi juga memastikan mobil tunggangannya seaman mungkin. Dia tak ingin sembarang menggunakan mobil buatan produsen yang ada pada umumnya.

Seperti dilansir laman dnewsglobal.com, Senin (11/4), Qadhafi memesan mobil khusus dengan fitur keselamatan nomor wahid pada 1999. Namun, tak jelas siapa produsen yang menggarap mobil itu. Pasalnya, pemerintah maupun produsen yang bersangkutan juga merahasiakannya dengan alasan demi keamanan.

“Sejak 1999, mobil ini dipertahankan sebagai tunggangan resmi sang pemimpin hingga saat ini,” laman itu menulisnya.

El-Jamahiriya Saroukh atau yang berarti Rocket Libya, begitulah mobil itu dinamai. Menariknya, mobil itu memiliki fitur canggih. “Desainnya mirip mobil yang ditunggangi agen rahasia Inggris berjuluk James Bond 007 di film detektif,” kantor berita BBC menulis.

Laman tisportcar.co.cc menulis, selain memiliki fitur canggih baik kenyamanan dan keselamatan, kaca dan bodi mobil itu kebal peluru. “Mobil dengan kapasitas lima penumpang itu dibekali mesin V6 yang bertenaga 230 daya kuda,” sebut sumber kalangan pemerintahan yang dikutip laman itu.

Desainnya, konon dikonsep oleh pria kelahiran Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942, itu. “Wujudnya sedikit aneh tetapi tidak jelek-jelek amat,” kata sumber itu.

Saat memesan, pemimpin yang bernama lengkap Muammar Abu Minyar al-Qadhafi itu hanya minta dua warna yaitu hitam dan putih. Banderol harganya, kala itu, 2 juta Euro atau bila menggunakan kurs saat ini harga itu sekitar Rp 25,1 miliar.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi