Volvo XC70, V70 dan S80 Gunakan Teknologi Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 13 April 2011 19:23 WIB
foto: Volvo

TEMPO Interaktif, Stockholm - Produsen mobil asal Swedia, Volvo, hari ini (13/4) mengumumkan telah melengkapi varian XC70, V70, dan S80 model 2012 dengan teknologi baru.  Selain membuat mesin lebih irit bahan bakar dan rendah emisi, teknologi tersebut menjadikan mobil lebih aman dan nyaman.

Pernyataan pabrikan itu  yang dilansir autoevolution.com, Rabu (13/4), menyebut satu di antara teknologi anyar itu adalah peranti turbocharger fine tuning.  "Walhasil irit bahan bakar dan rendah emisi," laman itu menulisnya.

Mesin D5 2.500 cc lima silinder  yang diusung model itu, kini bertenaga 215 daya kuda dan torsi 440 Newton meter (Nm). "Tenaga dan torsi itu, meningkat 10 daya kuda dan 20 Nm," klaim Volvo.

Menariknya, meski tenaga meningkat tetapi konsumsi bahan bakar justru menurun sekitar 8 persen dibanding  generasi lawas.  Bahkan, khusus mesin disel varian Volvo S80 konsumsi bahan bakarnya 4,9 liter untuk jarak 100 kilometer atau setara 20,41 kilometer per liter.

Tambahan teknologi baru juga terlihat pada eksterior dan interior mobil, termasuk peranti penunjang kenyamanan dan keamanan. Lampu utama misalnya, kini menggunakan Xenon aktif , kaca spion dilengkapi lampu sein Light Emitting Diode (LED).

"Sedangkan  untuk varian V70 dan S80 disediakan dua pilihan pelek dengan desain baru dengan dua warna baru," terang sumber di Volvo.

Adapun di bagian interior, peranti hiburan dengan  anyar yang berlayar tujuh dan lima inci menandai perubahan. Perangkat itu melengkapi keberadaan peranti sistem navigasi dengan layar tujuh inci, DVD player,  TV digital, telepon nirkabel, serta kamera pemandu pengemudi untuk parkir.

Ihwal peranti keamanan, Volvo menyebut ada beberapa, di antaranya peranti sistem pendeteksi pejalan kaki  yang dilengkapi rem otomatis. Alat yang dilengkapi sensor dan kamera itu akan menghentikan mobil secara otomatis kala sensor peranti pendeteksi menangkap potensi tabrakan.

Hanya, Volvo tidak menyebutkan banderol tiga model yang dilengkapi teknologi anyar itu.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi