Nissan Malaysia Tarik Puluhan Ribu Grand Livina  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 15 April 2011 19:56 WIB
Nissan Grand Livina 2010
TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Edaran Tan Chong Motor (ETCM), Agen Pemegang Merek Nissan di Malaysia, hari ini (15/4) melakukan kampanye perbaikan atau menarik 32.100 unit Nissan Grand Livina karena indikator bahan bakar bermasalah. Pada saat bersamaan, ETCM juga menarik 9.300 unit Nissan Latio dan Nissan Latio Sport dengan alasan yang sama.

Pernyataan ETCM yang dikutip paultan.org hari ini menyebut, semua mobil yang ditarik itu diproduksi di Malaysia. “Nissan Grand Livina yang ditarik adalah model yang diproduksi Desember 2007 – Juni 2010. Adapun Latio dan Latio Sport dibuat pada Mei 2007 – Juni 2010,” bunyi pernyataan itu.

Dato Ang Bon Beng, Direktur Eksekutif ETCM, mengatakan, hasil penyelidikan yang dilakukan pihaknya menunjukkan masalah itu terjadi karena adanya adanya perpindahan zat elektrokimia pada kartu resistor di saluran bahan bakar. Perpindahan zat itu terjadi karena pengaruh lingkungan, variasi bahan bakar, dan lain-lain.

Akibat masalah tersebut, pengemudi tidak mendapatkan informasi tentang kondisi bahan bakar secara akurat. Walhasil, mereka tidak mengetahui tangki bahan bakar telah kosong karena indikator tetap menunjukkan kondisi sebaliknya.

“Kami akan melakukan perbaikan terhadap semua mobil model itu, meski tidak semuanya mengalami masalah,” aku Bon Beng.

Proses perbaikan peranti itu hanya membutuhkan waktu tak lebih dari satu jam. Para pemilik tidak dibebani biaya apa pun dalam proses perbaikan tersebut.

Sembari menunggu jadwal perbaikan, para pemilik diminta untuk mengisi bahan bakar mobil mereka hingga setengah dari kapasitas tangki. Hal itu untuk mengantisipasi mobil tiba-tiba kehabisan bahan bakar kendati indikator menunjukkan sebaliknya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi