Bermasalah, Nissan Program Ulang Sistem Starter Nissan Leaf
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 16 April 2011 12:24 WIB
Nissan Leaf (Dok. Nissan)

TEMPO Interaktif, Tokyo -Nissan Motor Company (Nissan) akan melakukan perbaikan atau memrogram ulang peranti lunak sistem starter mobil listrik Nissan Leaf. Sebelumnya pemilik mobil mengeluhkan kendaraan mereka tidak bisa distarter kembali setelah mobil berhenti.

Nisswan mengaku akan memperbaiki peranti itu di sekitar 8.000 unit Nissan Leaf yang diproduksi di Amerika Serikat dan Jepang. "Meski, jumlah yang ditengarai bermasalah jauh lebih kecil ," laman nikkei.com menulisnya, Sabtu (16/4) mengutip pernyataan pabrikan itu.

Para pemiliki mobil akan dihubungi mulai pekan depan guna mendapatkan layanan perbaikan. Namun, Nissan tak menyebut langkah ini sebagai penarikan dengan alasan karena tidak membahayakan keselamatan.

Kejadian ini bermula dari seorang pemilik mobil yang mengalami kesulitan menghidupkan mesin mobilnya, setelah kendaraan berhenti dan mesin dalam keadaan mati.

"Pemilik mengeluhkan mobilnya sulit distarter kembali," tutur Toshitake Inoshita, juru bicara Nissan seperti dikutip Reuters, Senin (11/4).

Nissan pun melakukan investigasi. Hasilnya,  perangkat lunak sistem starter tersebut bermasalah dan perlu diprogram ulang.

Nissan Leaf mulai dipasarkan di Jepang, pada Oktober 2010. Dua bulan kemudian di Amerika Serikat. Hingga akhir 2010, jumlah pemesanan mobil ini telah mencapai 26 ribu, yaitu 6.000 unit di Jepang dan 20 ribu di wilayah Amerika Utara.

Hingga Februari lalu di Jepang mobil bertenaga setrum itu telah dikirim ke pembeli sebanyak 3.300 unit. Adapun di Negeri Abang Sam , 452 unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi