Jepang Akan Perketat Pemeriksaan Mobil dari Paparan Radioaktif  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 20 April 2011 21:14 WIB
Seorang pasien dengan kursi roda dibantu petugas mengungsi dari rumah sakit yang terkena tsunami di Otsuchi, timur laut Jepang. AP /Kyodo News

TEMPO Interaktif, Tokyo - Berita tentang ditemukannya sejumlah mobil di Jepang yang terpapar zat radioaktif di Vladivostok, wilayah timur Rusia, telah membuat pemerintah dan kalangan produsen mobil Jepang gerah.

Bahkan, secara khusus, Selasa (19/4), Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) mengumumkan akan memperketat pengawasan produk sebelum dipasarkan.

Mereka akan memastikan bahwa mobil itu tidak terpapar zat radioaktif. Pemeriksaan mulai dilakukan pekan ini.

"Kami sangat menyadari konsumen di mana pun membutuhkan kepastian tentang keamanan (produk)," tutur Toshiyuki Shiga, Ketua Umum JAMA, seperti dilansir laman autoevolution.com, Rabu (20/4).

Asosiasi itu menegaskan, proses pengujian terhadap mobil yang akan dipasarkan apakah terpapar zat radioaktif atau tidak, akan dilakukan oleh lembaga independen. Lembaga tersebut akan ditunjuk oleh Komisi Keselamatan Nuklir Jepang.

Sebelumnya, seperti diberitakan Xinhua (tempointeraktif.com, Jumat, 15 April) Dinas Kepabeanan Vladivostok telah menemukan 49 mobil yang dikapalkan dari Jepang terpapar zat radioaktif.  "Tingkat paparan zat itu mencapai enam kali lipat dari ambang minimal paparan radioaktif yang diizinkan," pernyataan Dinas itu.

Lembaga itu menyatakan telah menemukan jejak isotop radioaktif cesium-127 dan uranium-238 pada beberapa mobil tersebut.  Zat itu ditengarai berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima.

Sebelumnya, gempa dan tsunami yang melanda wilayah Jepang bagian timur laut, 11 Maret lalu, selain memorakporandakan fasilitas umum dan industri juga menyebabkan kebocoran PLTN itu. Kebocoran tersebut disinyalir telah menimbulkan paparan radioaktif terhadap manusia dan benda-benda di sekelilingnya. ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi