Toyota Tunda Peluncuran Mobil Mungil Scion iQ  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 21 April 2011 17:07 WIB
Toyota iQ EV Protype (Dok. Toyota)
TEMPO Interaktif, New York -  Toyota Motor Corporation (Toyota) Divisi Amerika Utara berniat menunda peluncuran mobil mungil Toyota Scion iQ. Alasannya, pasokan suku cadang dan komponen mobil itu tidak terjamin menyusul bencana gempa dan tsunami di Jepang 11 Maret lalu.

Ketidakpastian jadwal pasokan itu semakin tak pasti setelah pabrikan di Jepang menghentikan operasi menyusul liburan Golden Week 28 April – 8 Mei. Sedangkan, setelah beroperasi lagi pada 10 Mei, pabrik hanya berproduksi setengah dari kapasitas terpasang.

“Oleh karena itu, sebelum mendapatkan konfirmasi secara pasti tentang operasional pabrik di Jepang, maka kita lupakan dulu jadwal peluncuran Scion iQ,” tutur Jack Hollis, Wakil Direktur Scion, seperti dikutip Reuters, Kamis, 21 April 2011.

Sedianya, mobil mungil itu diluncurkan pada musim panas atau Juni mendatang. Padahal, mobil yang ditujukan untuk kalangan muda itu digadang-gadang bisa menjadi andalan penjualan Toyota tahun ini. “Penjualan ditargetkan 55 – 60 ribu saban tahun,” kata Hollis.

Dia mengaku, Scion bakal laris manis mengingat keunggulan yang dimilikinya. Selain berteknologi canggih, mobil ini juga irit bahan bakar.

Selain Vehicle Stability Control (VSC). Mobil ini juga dilengkapi peranti Anti Lock Brake System (ABS), Electronic Brake force Distribusi (EBD), Brake Assist (BA). Mobil mungil ini juga dilengkapi Traction Control (TRAC). "Bahkan, 10 buah airbag -salah satunya berupa tirai di pintu belakang- menjadi perlengkapan standar mobil ini," sebut siaran pers Toyota.

Bahkan, Toyota menambahkan perangkat hiburan berupa sistem audio dua din dengan enam buah speaker. Koneksi MP3 dan USB pun tersedia.

Kapasitas mesin iQ memang hanya 1.300 cc empat silinder. Namun tenaganya mencapai 90 daya kuda. Sedangkan teknologi Variable Valve Timing with intelligence (VVTi) yang disandangnya menjadikan iQ Scion irit bahan bakar, yaitu hanya 4,3 liter untuk 100 kilometer jarak yang ditempuh.

Hatchback tiga pintu itu juga diklaim sangat cocok untuk transportasi di kota. Sebab, berkat sumbu roda yang hanya 2 meter (m) yang didukung suspensi MacPherson struts up (di bagain depan) dan torsion beam, mobil ini sangat lincah diajak bermanuver. 

Selain ditawarkan dalam varian mesin 1.300 cc, mobil ini juga ditawarkan varian mesin 1.000 cc. Namun fitur yang melengkapinya tak ada perbedaan. Hanya di sektor dapur pacu saja yang membedakan dua varian tersebut.

Tenaga varian kedua itu mencapai 70 daya kuda. Konsumsi bahan bakarnya, hanya terpaut sedikit dibanding varian 1.300 cc, yaitu 4,3 untuk 100 kilometer.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi