Mobil Diesel Lebih Hemat BBM dari Hybrid  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 7 Mei 2011 09:46 WIB
Toyota Prius. REUTERS/Mark Blinch

TEMPO Interaktif, Jakarta - Beberapa mobil diesel mengalahkan mobil hybrid terkait efisiensi bahan bakar.Toyota Prius bertenaga bensin-listrik yang memulai generasi hybrid satu dekade yang lalu, menggunakan bensin sedikit lebih banyak per kilometer dibandingkan BMW seri 3 yang bermesin diesel.

Edisi terbaru dari Which? Car meneliti efisiensi bahan bakar aktual yang dicapai saat berkendara di jalan dan bukan dari klaim produsen.

Mereka menunjukkan dalam tesnya bahwa BMW 320Ed meraih 64,2 kilometer per galon, di atas Prius dengan 61,4 kilometer per galon. Jika mengemudi satu tahun dengan 12 ribu kilometer, BMW akan berbiaya £ 1120 atau lebih hemat £ 51 dibandingkan Prius yang berbiaya £ 1.171.

Prius dan hybrid lainnya mengandalkan satu lompatan besar dalam teknologi.

Sementara, BMW untuk efisiensi mengandalkan 'dinamika efisien', yaitu mendapatkan efisiensi kecil di seluruh bagian kendaraan–dari kursi atau chassis yang ringan hingga mesin yang lebih hemat. Penghematan itu bila disatukan memberikan keuntungan besar.

Prius disebut 'hybrid' karena menggabungkan mesin 1,8 liter bensin konvensional dengan motor listrik yang bekerja bersama dengan baik.

Motor listrik beroperasi sebagai generator untuk membantu memulihkan energi surplus, termasuk dari perlambatan dan rem. Energi ini mengembalikan muatan baterai berdaya tinggi yang pada gilirannya dapat digunakan untuk menggerakkan roda mobil.DAILY MAIL | ERWIN Z.

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi