VW Gandeng Microsoft Kembangkan Server Mobil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 8 Mei 2011 23:42 WIB
Volkswagen dan Microsof kembangkan server mobil (caradvice.com)
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Tak ingin kalah dengan produsen mobil lainnya, Volkswagen (VW) AG juga mengembangkan teknologi multimedia di mobil besutannya. Produsen mobil asal Jerman itu, awal pekan lalu telah meneken perjanjian kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan server di mobil produksinya.

"Server tersebut mampu menyimpan file dalam jumlah besar," bunyi pernyataan VW yang dilansir caradvice.com, Ahad, 8 Mei 2011.

Penggunaan server itu, sekaligus bakal mengakhiri era penggunaan lempengan cakram padat (CD) di mobil seperti yang digunakan selama ini. Keberadaan CD tersebut untuk menyimpan data untuk peranti hiburan maupun lainnya.

Sebelumnya, Microsoft telah bekerjasama dengan Ford Motor Company dan Toyota Motor Corporation. Bersama Microsoft, Ford telah mengembangkan fitur telematik Ford SYNC. Adapun Toyota mengembangkan fitur Entune.

Basis kedua fitur tersebut adalah integrasi perangkat dan menyediakan tautan ke media pada interface web seperti iPod dan telepon seluler.

Adapun fitur yang dikembangkan VW bersama Microsoft tersebut platform yang mampu transfer file cepat serta penyimpanan file besar seperti film. "Tujuan dari kerjasama adalah untuk memungkinkan penggunaan software untuk infotainment di dalam kendaraan dan untuk mendorong inovasi," tutur seorang eksekutif e-Solution, perusahaan perangkat lunak yang selama ini memasok VW.

Hanya, eksekutif itu tidak menyebut kapan fitur tersebut mulai dipasang di model besutan VW. Begitu pun model yang pertama kali dilengkapi fitur itu. 

"Kami berharap hasil kemitraan itu bisa dilihat dalam waktu dekat. Fitur itu akan terkait dengan layanan Google Maps dan internet mobil yang digunakan di produk Audi," kata dia.ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi