Mulai 2012, Toyota Lengkapi Mobil dengan Fitur Media Sosial
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 23 Mei 2011 15:37 WIB
TEMPO/Nita Dian
TEMPO Interaktif, Tokyo - Setelah bulan lalu meneken kontrak kerja sama dengan Microsoft Corporation untuk menyediakan layanan Internet di mobil produknya, kini Toyota Motor Corporation akan menyediakan fitur jejaring sosial di mobil.
Toyota menggandeng Salesforce.com–sebuah perusahaan layanan telematika yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat–untuk menyediakan layanan tersebut.
"Layanan jejaring sosial telah mengubah interaksi manusia dan cara komunikasi mereka," kata Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation, di Tokyo, seperti dilansir Reuters, Senin, 23 Mei 2011.
Menariknya, pengguna mobil tidak perlu menggunakan telepon genggam atau komputer jinjing seperti yang ada saat ini. Para pemilik mobil cukup mengaktifkan fitur tersebut dan bisa langsung berkomunikasi melalui Twitter atau Facebook yang ditampilkan pada layar yang berada di dashboard mobil.
Namun, mereka juga bisa menggunakan telepon selulernya untuk berkomunikasi dengan mobil. Jadi, di mana dan kapan pun mobil bisa diajak berkomunikasi.
Melalui layanan yang disebut ‘Toyota Friend’ itu para pemilik mobil dapat melakukan komunikasi dengan dealer Toyota, teman atau keluarga, atau bahkan dengan mobil itu sendiri. Apabila pemilik mobil lupa melakukan perawatan, mobil akan mengirimkan pesan secara otomatis ke telepon seluler atau akun Facebook mereka.
“Para pemilik bisa melakukan komunikasi dua arah dengan mobil dan dealer Toyota tanpa batas,” terang Toyoda.
Hanya, layanan yang akan diberikan mulai 2012 itu masih terbatas di Jepang saja. Model yang akan mendapatkan tambahan fitur itu adalah mobil listrik dan hybrid plug in.
Sementara itu, Associated Press, hari ini melaporkan dalam sebuah peragaan layanan itu di sebuah showroom di Tokyo, seorang pemilik Toyota Prius mendapatkan pesan pendek di telepon selulernya. Pesan yang dikirim oleh mobil itu mengingatkan agar sang pemilik mengisi baterai pada malam hari.
Saat sang pemilik melakukan pengisian, mobil kembali mengirim pesan “Proses pengisian selesai pada jam 2.15. Oke, sampai ketemu besok,” bunyi laporan itu.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi