Ford Siapkan 50 Model Baru untuk Asia Pasifik dan Afrika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 Mei 2011 19:02 WIB
AP/Carlos Osorio
TEMPO Interaktif, Tokyo - Ford Motor Company (Ford) menyiapkan 50 model baru yang akan dipasarkan di wilayah Asia-Pasifik dan Afrika sejak tahun ini hingga empat tahun ke depan. Ford mengaku sejak 2006 telah menggelontorkan investasi US$ 4 miliar atau sekitar Rp 34,4 triliun di wilayah itu.

Kantor berita Associated Press, mengutip sumber di Ford, Selasa, 24 Mei 2011, menulis, 50 produk yang direncanakan bakal dipasarkan itu termasuk lima model ramah lingkungan. “Termasuk kendaraan listrik, hibrida, dan plug in,” kantor berita itu menulis.

Pada tahun ini, produsen mobil Amerika Serikat itu optimistis bakal mampu menggaet konsumen Jepang untuk membeli produknya. Hal itu dikarenakan adanya keterlambatan produksi dan pengiriman produk ke konsumen akibat gempa dan tsunami yang terjadi 11 Maret lalu.

"Peluang untuk Ford di Jepang tidak pernah lebih besar (seperti sekarang)," kata Tim Tucker, Chief Executive Ford Jepang.

Seperti produsen mobil Amerika lainnya, Ford juga telah tertinggal di pasar Negeri Matahari Terbit itu. Sebab, pasar domestik negara itu didominasi oleh produsen lokal seperti Toyota Motor Corporation, Nissan Motor Company, dan Honda Motor Company.

Tucker yang berbicara di sebuah kafe di Tokyo saat meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) Ford Explorer facelift itu, mengatakan sepanjang 2010 lalu penjualan Ford di Jepang tumbuh 5 persen. Adapun Ford Explorer terjual 700 unit, jauh di bawah penjualan di Negeri Abang Sam, yang mencapai 42 ribu unit.

Namun saat ini, kata Tucker, pihaknya melihat peluang besar yang menjanjikan bagi produk Ford di Jepang. Hanya, ia tak menyebut seberapa besar peluang itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi