Toyota Tingkatkan Kapasitas Produksi 40 Ribu Unit di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 25 Mei 2011 14:39 WIB
Toyota Avanza yang tengah dirakit di pabrik Toyota di Kawarang. (raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Toyota Motor Corporation (Toyota) melalui Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 40 ribu unit per tahun, sehingga total produksi akan mencapai 140 ribu unit. Peningkatan itu dimulai akhir 2012 atau awal 2013.

"Toyota siap menggelontorkan investasi US$ 200 juta atau sekitar Rp 17,2 miliar," tutur Irwan Priyantoko, External Affiar Head PT TMMIN, saat dihubungi Tempo di Jakarta, Rabu, 25 Mei 2011.

Kenaikan jumlah produksi sebesar 40 ribu unit tersebut dimaksudkan untuk memenuhi permintaan di pasar dalam negeri. Saat ini, jumlah produksi produk Toyota di Tanah Air hanya 100 ribu unit per tahun.

"Tren permintaan produk Toyota di Tanah Air pada tahun-tahun mendatang menunjukkan arah peningkatan," katanya.

Beberapa produk yang akan digenjot produksinya, antara lain low Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota Avanza, Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Fortuner, dan Innova. Produk tersebut diproduksi di pabrik Toyota yang berada di Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya, Johnny Darmawan, Wakil Presiden Direktur TMMIN, telah bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Selasa, 24 Mei 2011. Bersama Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN, dan Hideyuki Imai, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny menyampaikan rencana peningkatan produksi tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi