Nissan Leaf Mobil Teraman Versi EuroNCAP
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 25 Mei 2011 21:17 WIB
CEO Nissan Motor Co., Carlos Ghosn berpose dengan mobil baru elektronik 'Leaf' saat membuka acara perusahaan baru dari kantor pusat di Yokohama, Jepang, Minggu (2/8). AP Photo/Itsuo Inouye

TEMPO Interaktif, Brusel - Mobil listrik besutan Nissan Motor Company, Nissan Leaf, meraih nilai tertinggi setara lima bintang dalam uji aspek keselamatan dan keamanan yang digelar European New Car Assesment Programme (EuroNCAP). Uji ini meliputi keamanan tabrak dari depan, samping, belakang serta simulasi terguling untuk mengetahui kekuatan atap mobil.

Seperti dilansir autoevolution.com, Rabu, 25 Mei 2011, pernyataan EuroNCAP menyebut, mobil bertenaga setrum itu meraih nilai 89 dalam hal perlindungan penumpang dewasa, 83 dalam hal perlindungan penumpang anak-anak. “Serta 84  dalam hal kelengkapan dan kemampuan peranti penunjang keselamatan,” bunyi pernyataan itu.

Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal lembaga itu mengatakan,kualitas tingkat keamanan Leaf tersebut akan diterapkan pada mobil yang akan masuk ke pasar Eropa. “Nissan Leaf yang merupakan mobil listrik memiliki tingkat keselamatan yang sama dengan mobil lain pada umumnya,” kata dia.

Peranti Electronic Stability Control (ESC) dan pembatas kecepatan yang dimiliki Nissan Leaf dinilai sebagai keunggulan mobil tersebut.  Terlebih, peranti tersebut telah terbukti mampu menunjang keselamatan penumpang dalam simulasi pengujian.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi