Stoner Jawara Katalunya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 5 Juni 2011 19:51 WIB
Casey Stoner. AP/Alvaro Barrientos

TEMPO Interaktif,Katalunya- Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner berhasil menjuarai lomba balap motor MotoGP Katalunya. Motor yang ditunggangi bintang Australia itu menyentuh garis finis terdepan setelah melahap 25 putaran di Sirkuit Katalunya sekaligus meraih kemenangan ketiganya musim ini, Minggu 5 Juni 2011.  

Stoner yang memulai lomba di posisi kedua sempat berada di posisi kedua di bawah pembalap Honda, Jorge Lorenzo. Namun juara dunia 2007 itu bisa menyalip pembalap Spanyol tersebut di putaran ketiga dan tak terkejar sampai akhir lomba yang sempat diselingi gerimis tersebut. Hasilnya, ia bisa mencatat waktu 43 menit 19.779 detik.

Lorenzo sendiri finis di tempat kedua dengan terpaut 02,403 detik di belakang Stoner. Ia dibayangi pembalap Yamaha Ben Spies di urutan ketiga, tercecer 4,291 detik, Andrea Dovizioso (Honda), dan juara dunia tujuh kali Valentino Rossi di posisi empat dan lima.

Adapun pembalap Gresini Honda, Marco Simoncelli hanya mampu finis di posisi keenam. Padahal, 'The Sic'-panggilan akrabnya bisa memulai lomba dari posisi pole.

Hasil lumayan menggembirakan dipetik pembalap Tech 3 yamaha, Cal Crutchlow. Ia membuktikan dengan meraih posisi terbaik di tempat ketujuh sepanjang kariernya di MotoGP meski sempat memulai lomba di urutan ke-10.

Dua pembalap, Hiroshi Aoyama (Gresini Honda) dan Randy de Puniet (Pramac Ducati) gagal melanjutkan lomba. Keduanya terjatuh di tikungan pertama lomba.

Penyelenggara lomba sempat membentangkan bendera putih. Itu diberikan sebagai peringatan jika akan turun hujan dan memberi kesempatan kepada para pembalap untuk mengganti ban ke tipe basah.

Lorenzo masih memimpin klasemen pembalap dengan mengoleksi 98 poin. Keunggulannya terpangkas tujuh poin dari Stoner di posisi kedua. Dovizioso sendiri bisa mengejutkan setelah naik satu peringkat dengan 63 poin, menyalip Dani Pedrosa di urutan ketiga.

AUTOSPORT | EUROSPORT | BAGUS WIJANARKO

#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi