VW Kembangkan Peranti Pengganti Sopir di Perjalanan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Juni 2011 16:11 WIB
thecarconnection.com

TEMPO Interaktif, Stuttgart - Pernahkah Anda merasakan kelelahan fisik dan rasa bosan kala mengemudikan mobil di perjalanan jauh? Tentu Anda ingin ada seseorang yang menggantikan posisi Anda mengendalikan mobil tersebut agar Anda bisa rehat sejenak.

Namun, kini Anda tak perlu repot. Pasalnya, Volkswagen (VW) AG telah mengembangkan sebuah teknologi pengganti pengemudi.

Seperti dilansir thecarconnection.com, Jumat, 24 Juni 2011, VW menyebut peranti yang dinamai Temporary Auto Pilot (TAP) itu akan menggantikan tugas pengemudi bila dikehendaki. "TAP akan mengemudikan mobil secara semi-otomatis dengan kecepatan hingga 130 kilometer per jam di jalan bebas hambatan," bunyi pernyataan VW.

Hanya, peranti itu juga harus dalam pengawasan sang pengemudi, terutama di kala kondisi jalanan berubah dengan tiba-tiba. Meski demikian, VW mengklaim peranti itu dirancang dengan memperhitungkan berbagai kemungkinan, termasuk potensi kecelakaan.

Peranti itu diklaim secara otomatis akan mengatur dan memposisikan mobil dalam kondisi aman. Pasalnya, TAP akan menjaga jarak mobil dengan kendaraan lain, baik yang ada di depan maupun belakang. Kecepatan pun disesuaikan dengan keinginan sang pengemudi yang tengah beristirahat.

Menariknya, peranti ini juga akan menyesuaikan laju mobil kala harus berbelok, menikung, atau bahkan saat ingin mendahului kendaraan lain. Bahkan, mampu membaca lampu isyarat lalu lintas. Walhasil, TAP juga bisa diterapkan pada mobil yang telah dilengkapi fitur start-stop.

"Namun, sekali lagi pengemudi harus selalu mengontrol atau memonitornya," ujar Jurgen Leohold, Direktur Eksekutif Penelitian VW Group.

Kini, peranti yang dikembangkan oleh Highly Automated Vehicles for Intelligent Transport (HVEit) itu tengah menjalani serangkaian uji dan penyempurnaan. Hanya, VW belum memastikan kapan peranti itu mulai dipasang di produk besutannya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi