Suzuki Siap Bangun Pabrik Mesin di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 25 Juni 2011 13:29 WIB
PT. Suzuki Indomobil Sales, pemegang merek Suzuki di Indonesia, melakukan perombakan menajemen di enam posisi yang efektif per Januari 2010 ini. (www.netcarshow.com)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Produsen mobil asal Jepang, Suzuki Motor Corporation (Suzuki), berniat membangun pabrik mesin baru di Indonesia mulai Maret 2012. Pabrik yang dibangun di Bekasi, Jawa Barat, itu berkapasitas 100 ribu unit per tahun.

Pernyataan Suzuki seperti dilansir Nikkei.com dan dallasnews.com, Sabtu, 25 Juni 2011, menyebut, saat ini telah memproduksi 50 ribu unit mesin di Indonesia dan sejumlah lainnya diimpor dari Jepang.

Sejalan dengan pembangunan pabrik mesin baru itu, Suzuki ingin meningkatkan kapasitas produksi mobil di Indonesia dari 80 ribu unit menjadi 100 ribu unit. “Total investasi mencapai 30 miliar yen (atau sekitar Rp 3,2 triliun),” demikian bunyi pernyataan Suzuki.

Selain itu, dengan pabrik baru tersebut, ongkos produksi juga bisa ditekan. Kandungan lokal produk pun semakin meningkat.

Saat ini Suzuki telah memasarkan Suzuki Swift, SX4 dan Multi Purpose Vehicle (MPV) Suzuki APV di Indonesia. Produksi lokal mobil tersebut pada tahun fiskal 2010 telah mencapai 75 ribu unit.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi