September, Ford Luncurkan Mesin 1.000 cc Bertenaga Super
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 3 Juli 2011 10:17 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Detroit - Ford Motor Company (Ford) akan mengumumkan mobil hatchback sosok Ford Fiesta bermesin 1.000 cc tiga silinder di Frankfurt Motor Show 2011, pada September mendatang. Pabrikan itu mengklaim, mesin yang dilengkapi peranti EcoBoost tersebut memiliki tenaga yang setara dengan mesin natural aspirated 1.600 cc empat silinder.

“Selain itu mesin ini juga irit bahan bakar,” tutur Joe Bakaj, Wakil Direktur Ford GlobalPowertrain Engineering, seperti dilansir autoblog.com, Sabtu, 2 Juli 2011.

David Filipe, Chief Engineer of Engine Programs untuk wilayah Eropa, mengatakan, tenaga yang dihasilkan oleh mesin 1.000 cc tiga silinder itu mencapai 102 – 105 PS. “Tenaga itu setara dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin 1.600 cc,” ujarnya.

Derrick Kuzak, Wakil Direktur Pengembangan Produk Global Grup Ford, seperti dilansir cnet.com, awal Juni lalu, mengatakan konsumsi bahan bakar mesin itu jauh lebih rendah ketimbang mesin 1.600 cc. “Meski tenaga yang dihasilkan sama, konsumsi bahan bakarnya lebih irit karena menggunakan peranti EcoBoost," kata dia.

Kuzak belum bersedia memaparkan kinerja mesin tersebut. Dia hanya menyebut konsumsi bahan bakar mesin 1.600 cc itu mencapai 18 kilometer per liter. Berarti konsumsi bahan bakar mesin 1.000 cc itu antara 20 – 30 kilometer per liter.

Sebelumnya, Ford telah memasang mesin tersebut di mobil konsep Ford Star yang dipajang di Beijing Motor Show 2010. Beberapa bulan kemudian, Ford kembali memasang mesin itu di mobil konsep Ford B-MAX yang dipamerkan di gelaran Geneva Motor Show 2011, Maret lalu.

Beberapa sumber di pabrikan itu mengatakan mesin 1.000 cc tiga silinder itu merupakan mesin terkecil yang pernah diproduksi Ford.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi