Sepeda Ekslusif Road Bike Mercedes Hanya Dibuat 100 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 29 Juli 2011 00:20 WIB
Sepeda mewah keluaran Mercedes-Benz di ajang Indonesia International Motor Show 2011. (Arif Arianto/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mercedes-Benz di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 tak hanya memamerkan mobil-mobil cangih berdesain eksklusif. Produsen mobil asal Jerman bitu juga memboyong sejumlah sepeda kelas premium ke gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011.

Selain Road Bike Seri 787 4064 juga terdapat Fitness Bike MBG 787 6167. Namun, jenis Road Bike yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung hajatan tahunan yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta itu.

"Hampir semua pengunjung yang mampir ke booth kami tertarik mengamati sepeda Road Bike ini," tutur Adi BS, petugas pemasaran Mercedes Benz yang ditemui di arena IIMS, Kamis, 28 Juli 2011.

Bahkan, sejak IIMS berlangsung, 22 Juli lalu, satu dari empat unit yang disediakan oleh Mercedes telah dibeli pengunjung. "Kami optimis, unit lain akan terjual meski waktu pameran tinggal tiga hari. Sebab, banyak pengunjung yang mengaku berminat," ujar Adi.

Maklum, selain memiliki sifat ergonomis yang tinggi, sepeda itu juga memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh sepeda lain. "Sambungan kerangka sepeda, sebab kerangka sepeda ini dicetak secara langsung," terang Alfons Rudi, petugas pemasaran lainnya.

Walhasil, sepeda itu memiliki presisi yang tinggi. Tingkat akurasi yang tinggi itu tak hanya menjadikan laju sepeda lurus tak melenceng sedikitpun. Tingkat keakurasian kerangka bukan satu-satunya keunggulan. Pasalnya, bahan yang digunakan yaitu serat karbon juga menjadi nilai lebih sepeda tersebut.

Bahan itu diklaim memiliki tingkat kekuatan tinggi namun ringan. Total bobot sepeda hanya 6,9 kilogram. Karena bobotnya yang ringan itu, pengendara juga bisa memcau sepedanya hingga kecepatan maksimum 15 kilometer per jam. "Sepeda lain sejenis, kecepatan maksimumnya rata-rata 10 kilometer per jam," klaim Adi.

Melengkapi keunggulan itu, Mercedes memasang rem berupa lembaran cakram yang menggunakan sistem tekanan hidrolis fluida atau minyak rem. Sistem pengereman itu tak ubahnya rem sepeda motor.

Menariknya, sepeda Road Bike Fixie itu sangat eksklusif. Sebab, Mercedes hanya memproduksinya tak lebih dari 100 unit, dan sepeda sejumlah itu telah disebar ke seantero dunia.

Beberapa pengunjung stan Mercedes mengakui keunggulan sepeda itu. Henri Kosasih, 52 tahun, seorang pengunjung yang mengaku bertempat tinggal di Cibubur misalnya. "Teknologinya cukup menarik, terlebih eksklusif hanya 100 unit. Apalagi membawa brand Mercedes-Benz," kata dia.

Hanya, Henri hanya tersenyum saat ditanya apakah tertarik untuk memboyong sepeda itu ke rumahnya. Memang, banderol sepeda ini cukup membuat orang menarik napas panjang yaitu Rp 102,109 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi