Mesin dan Transmisi Bermasalah, Honda Tarik 2,49 Juta Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 6 Agustus 2011 01:10 WIB
Honda CR-V 2010 (Dok. Honda)

TEMPO Interaktif, Washington - Honda Motor Company (Honda), mengumumkan akan menarik 2,49 juta unit lebih mobil di berbagai belahan dunia. Dari jumlah ini, sekitar 1,5 juta unit diantaranya berada di Amerika Serikat.

Honda mengatakan permasalahan terjadi pada bagian mesin dan sistem transmisi. Mesin mobil tersebut tiba-tiba mati kala mobil dikemudikan dan tetap menggelinding saat diparkir dan transmisi di ditempatkan pada posisi "P" (Park).

Pernyataan resmi Honda seperti dilansir detroitnews.com, Jumat, 5 Juli 2011, menyebut mobil yang ditarik itu meliputi Honda Accord empat silinder buatan 2005 -2010, Honda CR-V buatan 2007 - 2010, serta Honda Element model 2005 - 2008.

"Tidak ada korban luka atau meninggal yang dilaporkan akibat permasalahan tersebut," demikian bunyi pernyataan pabrikan asal Jepang itu.

Chris Martin, juru bicara Honda, mengakui pihaknya telah menerima 113 keluhan. Jumlah itu termasuk 45 keluhan tentang mesin yang tiba-tiba mati dan 11 keluhan yang menyebut mobil tetap menggelinding saat diparkir.

Honda akan memperbarui perangkat lunak yang mengontrol transmisi otomatis guna memudahkan perpindahan antar gigi. Selain itu, bantalan antar kanvas transmisi juga akan dibenahi. Pasalnya, masalah pada komponen itu telah menjadi biang mobil tetap menggelinding meski posisi gigi transmisi ditempatkan pada posisi "P" atau parkir.

Para pemilik kendaraan mulai diberitahu mulai 31 Agustus mendatang. Mobil yang ditarik tersebut diketahui berada di Amerika, Kanada, Meksiko, Cina, Amerika Selatan, Timur Tengah dan beberapa negara lain.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi