Jelajahi Kekayaan Wisata Yogjakarta (Bagian 1)  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 18 Agustus 2011 00:37 WIB
Toyota Grand New Kijang Innova (Dok. TAM)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Agak heran juga kenapa kali ini Toyota mengajak kami melakukan test drive di bulan puasa. Pasalnya, inilah kali pertama PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar uji coba produk terbarunya bersamaan dengan bulan Ramadhan. Tapi Candi Borobudur, Amanjiwo Resort, Desa Kinahrejo Gunung Merapi, Sogan Village, dan Rumah Sleman yang bakal menjadi tempat tujuan benar-benar menarik perhatian.

Apalagi kami akan menjajal untuk pertama kalinya MPV Grand New Kijang Innova yang diluncurkan pada gelaran The 19 Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, akhir Juli lalu. Acara test drive pekan lalu itu dikemas dengan tema "Media Test Ride, Forward the Journey".

"Pokoknya, kita akan ngabuburit di lokasi yang menunjukkan keindahan alam Indonesia di Jawa Tengah dan Yogjakarta," kata General Manager PT Toyota Astra Motor Widyawati Soedigdo.

Sebanyak 8 unit Grand New Kijang Innova sudah disiapkan Toyota di depan ruang tunggu VIP Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta. Saya beruntung mendapatkan Innova tipe tertinggi yaitu V Luxury berkelir putih.

Keluar dari Bandara Adi Sucipto, kami langsung menuju ke Candi Borobudur. Saya mendapat jatah duduk di bangku kedua yang menggunakan model captain seat. Kesempatan ini saya gunakan untuk mengamati lekat-lekat fitur baru yang ada di Grand New Kijang Innova. Maklum saat diperkenalkan di IIMS lalu, saya hanya sempat melongok sebentar.

Fitur-fitur baru disematkan Toyota pada kabin Grand New Kijang Innova. Satu yang kentara adalah perangkat hiburannya. Di tipe V, audio sudah menggunakan Audi 2 DIN dengan monitor 6 inci berteknologi layar sentuh yang tidak terdapat pada varian pendahulunya.

Widyawati mengatakan audio tersebut tak hanya menjadi sarana hiburan tapi juga informasi. Panduan servis seperti buku manual, jadwal servis mulai dari 10.000 km sampai 100.000 km, informasi jaringan Toyota, termasuk telepon nomor customer care di seluruh Indonesia bisa diakses dengan mudah. "Tinggal sentuh saja," kata Widyawati.

Perangkat audio ini bisa digunakan untuk memutar VCD, DVD, MP3, juga USB/AUX dan WMA Player. Tambahan untuk tipe V, dibandingkan G, E, dan J, adalah tambahan layar di bagian tengah untuk hiburan penumpang di baris belakang.

Pemberhentian pertama kami adalah Candi Borobudur. Candi dengan luas bangunan mencapai 15.129 meter persegi yang disusun dari 55 ribu m3 batu ini dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh wangsa Syailendra. Di pelataran candi kami melakukan sesi pemotretan.

Di sini terlihat jelas perubahan yang dilakukan Toyota di bagian luar. Perubahan terlihat pada front bumper serta hood molding dan radiator grille. Dengan menggunakan tampilan desain head lamp yang lebih bulat menyatu dengan front bumper. Garis yang lurus pada radiator grille membuat Grand New Kijang Innova terlihat lebih agresif.

Desain baru terlihat pada bagian kap mesin yang kini memiliki lekukan. Tak luput desain fresh dilakukan pada alloy wheel, rocker panel dan side body molding serta body color outer mirror with side turn lamp. Sedangkan di bagian belakang, rear combination lamp dan rear license garnish sebelumnya tidak ada pada Toyota Kijang Innova versi lama.

Tujuan kami berikutnya adalah Amanjiwo Resort. Nah, kali ini saya mendapat giliran mengemudi. Duduk di bangku pengemudi, hal baru yang saya lihat adalah lingkar kemudi yang kini ditambahi tombol pengatur audio.

Jok pengemudi terasa nge-klop dengan postur tubuh. Sehingga selama perjalanan ke Amanjiwo sama sekali tidak membuat saya kelelahan. Apalagi pengendalian Kijang Innova cukup mudah.

Di resort mewah yang pernah disinggapi pesepakbola Inggris David Beckham dan bintang film Amerika Richard Gere itu, kami berbuka puasa sembari menikmati Candi Borobudur dari kejauhan. Makan malam kami diiringi tarian Gambyong, Kelono Topeng dan Bambangan Cakil.

Perjalanan hari pertama berakhir di Kalyana Resort. Resort yang terletak di km.22 Kaliurang itulah kami menginap. (Bersambung)

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi