Saatnya Merawat Kendaraan Setelah Mudik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 4 September 2011 07:39 WIB
motorbeam.com

TEMPO Interaktif, - Mengecek mobil atau sepeda motor seusai perjalanan jauh, seperti mudik Lebaran, sangatlah penting. Ada kemungkinan komponen kendaraan rusak dan perlu diganti setelah digunakan menempuh perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang bervariasi.

Pada kendaraan roda empat, komponen terpenting yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki. Sebab komponen yang terdiri atas per, ban, rem, dan schokbreker ini yang bekerja paling berat.

Komponen lain yang mesti diperiksa, menurut pemilik bengkel Puncak Jaya Off Road Makassar, Slamet Mulyono, adalah oli, air aki, minyak dan kanvas rem, serta kopling. Jika mobil menempuh jarak 7.500-10.000 kilometer, sebaiknya oli segera diganti. Adapun rem harus segera diganti jika kampasnya sudah aus.

Hendaknya dilakukan pengecekan mobil sebelum mudik agar kondisi mobil dalam perjalanan diketahui. Begitu pula setelah kembali, harus segera diperiksa untuk memastikan kendaraan tetap fit. "Makanya harus dicek setelah perjalanan jauh," kata Slamet.

Untuk sepeda motor yang sudah menempuh jarak jauh, yang harus diperhatikan adalah oli mesin, oli samping, kampas rem, dan ban. Baik motor 4 tak maupun 2 tak, pelumasnya harus diganti jika sudah menempuh sekitar 2.000 kilometer. Khusus untuk 2 tak, oli samping juga harus diganti.

Busi juga penting diperiksa demi kelancaran mesin motor. Jika sudah mencapai jarak tempuh 12 ribu kilometer, sebaiknya busi diganti. "Periksa ulir ban. Jika sudah aus atau gundul, sebaiknya diganti," kata pemilik bengkel Jatim Motor, Wandy Santoso.

ABDUL AZIS

#Puasa-Lebaran 2013

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi