Stoner Raih Pole di MotoGP Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 2 Oktober 2011 00:57 WIB
AP Photo/Manu Fernandez

TEMPO Interaktif, Motegi, Jepang - Casey Stoner siap mempertahankan gelarnya di MotoGP Jepang setelah mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi, Sabtu (1/10), yang memastikan pembalap Repsol Honda ini menempati posisi start terdepan dalam sesi balapan, Minggu (2/10).

Pembalap asal Australia ini memutari sirkuit Twin Ring Motegi dalam waktu 1 menit 45,267 detik, 0,256 detik lebih cepat dari juara dunia MotoGP 2010 asal Spanyol dari tim Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo. Sementara rekan setim Stoner asal Italia, Andrea Dovizioso, berada di urutan ketiga dengan waktu 1 menit 45,791 detik.

Ini pole ke-10 yang diraih Stoner tahun ini yang merupakan rekor pole terbanyak sepanjang sejarah MotoGP. Ini juga pole keempat beruntun yang dicatat juara dunia 2007 itu setelah balapan di Aragon, San Marino dan Indianapolis.

"Segalanya terlihat berjalan lancar. Sepeda motor saya bekerja dengan baik," kata Stoner yang menunggang Ducati saat memenangi GP Jepang tahun lalu.

"Kami masih harus meningkatkan beberapa hal kecil. Buat saya, di sirkuit ini, saya sangat senang dengan segala sesuatunya. Kami hanya perlu menunggu besok dan melihat bagaimana cuacanya dan memberikan yang terbaik.”

Setelah memenangi 14 balapan tahun ini, Stoner memuncaki klasemen sementara pembalap dengan keunggulan 44 poin atas Lorenzo yang menduduki posisi kedua dan kemenangan Motegi akan memperbesar peluangnya untuk memastikan gelar juara di kampong halamannya di GP Australia 16 Oktober mendatang.

GP Jepang seharusnya digelar April lalu, tapi terpaksa ditunda hingga awal bulan ini menyusul bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda negara itu 11 Maret lalu.

AP | A. RIJAL

#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi