Andra Naik Podium di Tengah Keterbatasan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 22 Oktober 2011 18:41 WIB
Tempo/Rully Kesuma

TEMPO Interaktif, Shanghai – Pembalap wanita Indonesia, Alexandra Asmasoebrata, berhasil meraih posisi kedua pada race kesembilan Asia Formula Renault (AFR) yang berlangsung di Shanghai Audi International Sircuit, Cina, Sabtu, 22 Oktober 2011.

Pembalap wanita yang akrab disapa Andra ini mencatat waktu tercepatnya, yakni 20:28.176, berbeda tipis dengan peringkat pertama, Kazuhiro Saeki, dari Jepang yang mencatat waktu 20.17.355 detik. Di posisi ketiga ditempati pembalap tuan rumah, Sunny Wong, dengan catatan waktu 20.57.173.

Pada sesi kualifikasi sebelum race kesembilan digelar, Andra finis di posisi keempat dengan catatan waktu 20:50.496. Sedangkan posisi pertama sesi kualifikasi diraih Leopard Ringbor (Finlandia) dengan catatan waktu 20:48.839, posisi kedua diraih Kazuhiro Saeki dengan 20:49.519, dan posisi ketiga diraih Angelo Negro dengan waktu 20:50.816.

Hasil balapan kesembilan ini, menurut Andra, sesuai targetnya, yakni tembus tiga besar. “Alhamdulillah, setelah putaran kesepuluh (terakhir race kesembilan), finis di tempat kedua,” kata Andra seusai naik podium. Andra pada Mei lalu juga berhasil finis di urutan kedua saat race pertama di ajang yang sama.

Posisi runner-up yang diraih Andra pada balapan kesembilan ini menunjukkan performa yang luar biasa. Di balapan ini, kondisi Andra yang sekarang penuh keterbatasan dana sponsor tetap berusaha keras masuk tiga besar. “Aku menargetkan bisa naik podium lagi pada race kesepuluh besok (hari ini),” ujar Andra yang tetap didukung Pertamina Fastron.

Andra berharap pada race kesepuluh, cuaca di Shanghai cerah seperti kemarin. Dengan begitu, peluang dia mempertahankan posisi kedua di balapan kesembilan tetap terjaga. “Kondisi lintasan licin dan cukup sulit dikuasai kalau hujan. Makanya, aku berharap besok (hari ini) cuaca cerah, jadi aku tetap bisa menggunakan ban lama tanpa harus mengganti ban baru,” ucap Andra, satu-satunya pembalap wanita di ajang ini.

Manajer Andra yang juga ayahnya, Alex Asmasoebrata, seusai balapan mengatakan, Andra tampil dengan semangat tinggi meski dengan serba keterbatasan. Sebelum menjalani race kesembilan, Andra sempat vakum karena keterbatasan dana.

Selama vakum itu, Andra tak menjalani latihan rutin sebagai pembalap. Setiap harinya diiisi dengan latihan fisik, yaitu bertinju, berkuda, dan gym. “Andra membuktikan kepada negara bahwa dia mampu membawa harum nama bangsa di pentas Asia, meski minim sponsor dan kekurangan dana,” ungkap Alex saat dihubungi Tempo, Sabtu, 22 Oktober 2011.

Alex berharap kepedulian banyak pihak atas prestasi anak bangsa seperti Andra yang membawa nama negara. ”Beberapa sponsor yang sebelumnya komit ingin membantu Andra namun batal karena perhelatan SEA Games, diharapkan melihat prestasi yang ditorehkan Andra di level Asia. Soalnya, Andra berprestasi membawa nama negara di tingkat Asia,” ujar Alex, yang menargetkan Andra kembali naik podium pada balapan ke-10 yang digelar hari ini.

Untuk kategori allround atau kategori umum, Andra meraih posisi keempat dengan catatan waktu 1:50.496. Peringkat pertama diraih pembalap Finlandia, Leopard Ringbom, dengan catatan waktu 1:48.839, posisi kedua diraih Kazuhiro Saeki dengan catatan waktu 1:49.519. Sedangkan posisi ketiga diraih Angelo Negro dengan catatan waktu 1:50816.

HASIL RACE 9 AFR 2011

Kategori Asia: 1.Kazuhiro Saeki (Jepang) 2.Alexandra Asmasoebrata (Indonesia) 3.Sunny Wong (Cina) 4.Alan Lee (Cina) 5.Diana Rosario (Filipina) 6.Timothy Teo (Hong Kong) 7.Yuki Shiraishi (Jepang)

Kategori Umum/Allround: 1.Leopard Ringbom (Finlandia) 2.Kazuhiro Saeki (Jepang) 3.Angelo Negro (Italia) 4.Alexandra Asmasoebrata (Indonesia) 5.Patrice Bonzom (Prancis) 6.Sunny Wong (Cina) 7.Alan Lee (Cina) 8.Diana Rosario (Filipina) 9.Timothy Teo (Hong Kong) 10.Yuki Shiraishi (Jepang)

BASUKI RAHMAT

#Balap Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi