Capirossi Jadi Penasihat Keamanan Lomba MotoGP
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 15 November 2011 12:46 WIB
Pembalap Honda MotoGP Marco Simoncelli (kiri) tergeletak saat kecelakaan yang melibatkan pembalap Yamaha Colin Edwards dari AS (tengah) dan pembalap Ducati Valentino Rossi (kanan) di MotoGP Malaysia, Sepang (23/10). REUTERS/ Dorna via Reuters TV

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pembalap Italia Loris Capirossi ditunjuk sebagai penasihat aspek keamanan lomba MotoGP. Masukan dari pembalap yang baru pensiun itu juga diharapkan bisa membantu mengubah sejumlah aturan untuk mencegah terulangnya tragedi kematian Marco Simoncelli.

Capirossi baru saja pensiun pada bulan ini. Pembalap 38 tahun itu memulai debutnya pada 1990 dan sempat merasakan kejayaan sebagai juara dunia kelas 125 cc dan 250 cc.

Penunjukan Capirossi menarik perhatian karena dilakukan menyusul kematian pembalap Italia Marco Simoncelli di Sirkuit Sepang, bulan lalu. Kematian Simoncelli sebelumnya telah memicu sejumlah pertanyaan soal standar keamanan dalam lomba MotoGP, terutama karena saat kecelakaan helm pembalap itu diketahui sempat terlepas.

Dalam pernyataannya, penyelenggara MotoGP menegaskan dalam tugasnya Capirossi akan memberikan nasihat terkait masalah keamanan, aturan baru, kompetisi secara umum, dan trek-trek lomba baru. "Capirossi akan memberi masukan berharga terkait niat MotoGP untuk menyambut perubahan penting dan mendasar dalam olahraga ini," demikian pernyataan penyelenggara.

Selanjutnya pengelola juga akan meminta Federasi Motor Internasional (FIM) mengistirahatkan nomor 65 yang biasanya dipakai Capirossi. "Itu untuk menghargai kontribusinya yang luar biasa pada olahraga ini."

REUTERS | NURDIN

#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi