Webber Juara GP Brasil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 28 November 2011 02:00 WIB
AP Photo/Vincent Thian

TEMPO Interaktif, Sao Paulo – Pembalap Red Bull, Mark Webber, memenangi balapan penutup musim, GP Brasil, Minggu (27/11) atau Senin dini hari WIB, setelah rekan setimnya, Sebastian Vettel, mengalami masalah dengan persneling mobilnya.

Vettel, yang sudah memastikan gelar juara dunia sejak Oktober lalu, akhirnya finis di posisi kedua setelah membiarkan Webber melewatinya saat balapan di sirkuit Interlagos baru separuh jalan.

Pembalap Mc Laren, Jenson Button, finis ketiga untuk memastikan posisi runner-up dalam klasemen pembalap.

Webber dengan memudah menyalip Vettel di lap ke-30 lantaran rekan setimnya itu mengurangi kecepatan setelah diberitahu bahwa ada masalah dengan gearbox-nya.

Dengan kemenangan ini, Webber finis di posisi ketiga di klasemen pembalap. Ini kemenangan pertama yang diraih pembalap asal Australia itu musim ini sekaligus yang ketujuh sepanjang kariernya di Formula Satu. Ini juga merupakan sukses kedua di GP Brasil setelah kemenangannya pada 2009.

“Hari ini merupakan balapan yang bagus buat saya. Tak buruk untuk menutup tahun seperti ini,” kata Webber. “Saya merasa senang sepanjang pekan ini. Akan menyenangkan untuk berlomba bersama hingga akhir (dengan Vettel), tapi ia mengalami sedikit masalah.”

Vettel, yang memenangi GP Brasil pada 2010, berhasil memenangi 11 balapan musim ini, tapi ia gagal meraih kemenangan dalam dua balapan terakhir. Ia mengundurkan diri pada lap pertama di GP Abu Dhabi karena kebocoran.

Sebelumnya, pembalap asal Jerman ini sempat membuat awal yang sangat menjanjikan setelah mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi Sabtu lalu untuk meraih pole ke-15 musim ini yang merupakan rekor pole terbanyak dalam semusim, melewati rekor 14 pole milik Nigel Mansell yang sempat bertahan selama 19 tahun.

AP | A. RIJAL

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi