Mitsubishi Luncurkan Mobil Mungil Nan Irit, Mirage  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 Desember 2011 14:34 WIB
Mitsubishi Global Small Concept di Indonesia International Motor Show 2011. (Arif Arianto/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Setelah menjadi pemberitaan hangat media otomotif di berbagai belahan dunia sejak Maret lalu, akhirnya versi produksi mobil mungil besutan Mitsubishi Motors resmi diluncurkan. Mobil yang sebelumnya hanya menyandang nama Global Small Car itu sekaligus dipajang di gelaran Tokyo Motor Show 2011 yang berlangsung 30 November–11 Desember 2011.

Seperti dilansir autoguide.com dan situs resmi Mitsubishi, Kamis, 1 Desember 2011, Mitsubishi mengklaim mobil mungil yang dinamai Mirage itu memiliki karakter khas, yaitu lincah, irit bahan bakar, namun memiliki kenyamanan tinggi. “Mobil ini akan menjadi kendaraan dengan banderol sangat bersaing dan ditujukan untuk kalangan entry level (konsumen yang baru pertama kali memiliki mobil),” demikian pernyataan pabrikan tersebut.

Mirage memiliki panjang 3.710 milimeter (mm), lebar 1. 665 mm, serta tinggi 1.490 mm. Dibanding hatchback Honda Jazz, Mirage lebih pendek.

Selain desainnya yang cantik, keunggulan lain adalah konsumsi bahan bakar (BBM) yang irit. Mesin 1.000 cc tiga silinder MIVEC yang diusungnya hanya mengkonsumsi BBM 3,3 liter untuk jarak 100 kilometer atau sekitar 1 : 30,3 kilometer.

Iritnya konsumsi BBM itu berkat penggunaan sejumlah teknologi terkini, di antaranya Auto Stop & Go serta transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Teknologi yang pertama akan membantu mematikan mesin kala mobil berhenti sejenak di depan lampu isyarat lalu lintas atau saat terjebak kemacetan.

Walhasil, asupan BBM ke ruang bakar mesin pun lebih hemat. Adapun CVT menjadikan perpindahan gigi transmisi halus tanpa entakan dan tarikan tidak berat.

Sebelumnya, Mitsubishi menyatakan mulai memproduksinya dan sekaligus memasarkannya pada Maret 2012 di Thailand. Rencananya, setelah di Negeri Gajah Putih, mobil itu akan dijajakan ke berbagai penjuru dunia.

Tapi sayang, produsen mobil asal Jepang itu belum memberi informasi ihwal harga. Sebelumnya, pada Juli lalu, konsep mobil ini sempat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show 2011.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi